de' bhora's blog

tell the world what you want to..

Let’s Say : “Yes, I’m okay!”

Hi readers.. Gimana nih kabarnya? Hari ini yang punya lapak mau ngobrol-ngobrol nih hehhe.. Bosen kan kalau baca blog yang isinya cerita ‘berat’ muluūüėÄ

Ehm… cerita apa ya hari ini??

Readers, pasti pernah dong nonton drama korea? paling engga liat doang deh, terserah, mau mukanya, bajunya, rambutnya, tahi lalatnya doang juga boleh kalo emang keliatan hehhee.. Kalo diperhatiin, mereka itu oke banget ya?? Dari ujung rambut ampe kaki kayaknya mantabs abis. Pernah ga sih readers ngerasa dan kemudian komen “waaahhh, dia cantik banget sih..” atau “wah, si itu ganteng banget sih..” atau menjerit histeris sambil nyubit-nyubit orang di sebelah dan ngomong “gilaaaa!!! keren banget!!! kapan ya gue bisa jadi pacar dia???”

Kalau gue sih, jujur, pernah.. Tapi komen yang pertama ya, ga pake teriak apalagi nyubitin temen di sebelah gue, secara gue bukan penggila korea atau segala sesuatu yang berhubungan dengan ituūüėÄ

Kadang, kalau pas kebetulan lagi liat muka artis korea, gue heran seheran-herannya, “kok ada ya muka begitu mulusnya?” Gimana gak komen kayak gitu, readers liat sendiri aja muka artis-artis cewek dan cowok di sana itu putih, mulus, debu aja gak ada, apalagi jerawat! Ujung-ujungnya dengan miris, penonton akan bilang “andaikan muka gue kayak gitu….” hiksūüė¶ Tul gak?

Readers, memang kalau kita melihat dengan cara yang salah, efeknya juga bakal jadi salah. Contoh, dengan komen “andaikan muka gue kayak gitu” apalagi dengan bermuram durja itu memberikan efek ga bersyukur! Ya, kita ga bersyukur sama apa adanya diri kita. Entah sama mata kita yang agak belo, hidung kita yang gak mancung, muka kita yang gak mulus, atau warna kulit kita yang ga putih. Come on, yang oke itu ga harus putih, mulus, mancung. Trust me, it works! *eh :p

Memang, kedengerannya klise banget ngomong begini. Tapi memang inilah faktanya. Banyak orang yang jadi minderan, ga pede karena merasa ga secantik si A, B, C, dst.. Kalau readers merasa kalimat ‘Tuhan memberikan kelebihan dan kekurangan di setiap orang’ itu adalah penghibur basi semata, berarti readers mungkin udah berada di zona gaswat dalam hal kepercayaan diri.

Gue juga ngomong begini bukan karena ngerasa cantik, oke, atau lebih baik dari orang lain. No… Kalau diumpamakan ke ukuran rumah mah, gue ini rumah minimalis. Sederhana aja, yang penting nyaman hehehe.. Dengan kita share seperti ini, kita bisa saling termotivasi lhooo..

Percaya deh, bener sebener-benernya kalau Tuhan itu baik, Dia memberikan segala sesuatu sesuai porsi yang tepat. Kalau readers merasa artis-artis itiu perfect, gue rasa gak begitu… By the way, jangan salah paham ya.. Dari tadi gue pake contoh artis sebagai subjek bukan karena gue negative thinking sama mereka, tapi karena kenyataannya secara umum biasanya artis yang banyak diidolakan.

Believe or not, gue rasa artis-artis yang tampak perfecto dan jadi idola sejuta umat itu ada aja minus nya. Tapi untuk urusan itu hanya mereka dan Tuhan yang tahu. Kalau gue pede-pede aja buat ngajakin mereka battle nyuci baju pake papan penggilesan. Bukan sombong, tapi gue rasa mereka gak lebih jago daripada gue untuk urusan itu. Contoh lain, tanding nanak nasi juga mereka belum tentu menang. Iya gak sih? Hehehhe :p

Eits, jangan ketawa. Ini serius, men.. Biarpun kelihatannya sepele dan gak penting, tapi itu masuk kategori kelebihan lho kalau kita bisa melakukannya dengan baik. Menurut gue, orang yang hebat itu adalah orang yang bisa melakukan banyak hal dengan kemampuannya sendiri, gak melulu mengandalkan orang lain.

Nah, jadi mulai sekarang yuk mari kita ubah sudut pandang kita dalam menilai segala sesuatu. Kalau dengan ‘melihat ke atas’ bikin kita jadi rendah diri dan gak bersyukur, coba kita ‘lihat ke bawah’ supaya kita bisa merasa lebih baik dan bisa bilang “Thanks, God, ternyata gue oke” atau “Thanks, God, ternyata keadaan gue sudah sangat baik”.

Gak gampang memang karena praktik memang tidak semudah teori, tapi kalau kita biasakan dari hal-hal kecil pasti jadi terbiasa. Seneng dong kalau bersyukur bisa jadi kebiasaan? J

Okay, yang punya lapak undur diri dulu yaa. Semoga obrolan hari ini ada manfaatnyaūüôā

Regards,

Tinggalkan komentar »

Sosok Ibu dalam Jiwa Bocah Lelaki (Aku Ingin Mama Kembali)

Di propinsi Zhejiang China, ada seorang anak laki-laki yang luar biasa, sebut saja namanya Zhang Da. Perhatiannya yang besar kepada Papanya, hidupnya yang pantang menyerah dan mau bekerja keras, serta tindakan dan perkataannya yang menyentuh hati membuat Zhang Da, anak lelaki yang masih berumur 10 tahun ketika memulai semua itu, pantas disebut anak yang luar biasa. Saking jarangnya seorang anak yang berbuat demikian, sehingga ketika Pemerintah China mendengar dan menyelidiki apa yang Zhang Da perbuat maka, merekapun memutuskan untuk menganugerahi penghargaan Negara yang Tinggi kepadanya. Zhang Da adalah salah satu dari sepuluh orang yang dinyatakan telah melakukan perbuatan yang luar biasa dari antara 1,4 milyar penduduk China .

Tepatnya 27 Januari 2006 Pemerintah China, di Propinsi Jiangxu, kota Nanjing, serta disiarkan secara Nasional keseluruh pelosok negeri, memberikan penghargaan kepada 10 (sepuluh) orang yang luar biasa, salah satunya adalah Zhang Da. Mengikuti kisahnya di televisi, membuat saya ingin menuliskan cerita ini untuk melihat semangatnya yang luar biasa. Bagi saya Zhang Da sangat istimewa dan luar biasa karena ia termasuk 10 orang yang paling luar biasa di antara 1,4 milyar manusia. Atau lebih tepatnya ia adalah yang terbaik diantara 140 juta manusia. Tetapi jika kita melihat apa yang dilakukannya dimulai ketika ia berumur 10 tahun dan terus dia lakukan sampai sekarang (ia berumur 15 tahun), dan satu-satunya anak diantara 10 orang yang luar biasa tersebut maka saya bisa katakan bahwa Zhang Da yang paling luar biasa di antara 1,4 milyar penduduk China.

Pada waktu tahun 2001, Zhang Da ditinggal pergi oleh Mamanya yang sudah tidak tahan hidup menderita karena miskin dan karena suami yang sakit keras. Dan sejak hari itu Zhang Da hidup dengan seorang Papa yang tidak bisa bekerja, tidak bisa berjalan, dan sakit-sakitan. Kondisi ini memaksa seorang bocah ingusan yang waktu itu belum genap 10 tahun untuk mengambil tanggungjawab yang sangat berat. Ia harus sekolah, ia harus mencari makan untuk Papanya dan juga dirinya sendiri, ia juga harus memikirkan obat-obat yang yang pasti tidak murah untuk dia. Dalam kondisi yang seperti inilah kisah luar biasa Zhang Da dimulai. Ia masih terlalu kecil untuk menjalankan tanggung jawab yang susah dan pahit ini. Ia adalah salah satu dari sekian banyak anak yang harus menerima kenyataan hidup yang pahit di dunia ini. Tetapi yang membuat Zhang Da berbeda adalah bahwa ia tidak menyerah. Hidup harus terus berjalan, tapi tidak dengan melakukan kejahatan, melainkan memikul tanggungjawab untuk meneruskan kehidupannya dan papanya. Demikian ungkapan Zhang Da ketika menghadapi utusan pemerintah yang ingin tahu apa yang dikerjakannya.

Ia mulai lembaran baru dalam hidupnya dengan terus bersekolah. Dari rumah sampai sekolah harus berjalan kaki melewati hutan kecil. Dalam perjalanan dari dan ke sekolah itulah, Ia mulai makan daun, biji-bijian dan buah-buahan yang ia temui. Kadang juga ia menemukan sejenis jamur, atau rumput dan ia coba memakannya. Dari mencoba-coba makan itu semua, ia tahu mana yang masih bisa ditolerir oleh lidahnya dan mana yang tidak bisa ia makan. Setelah jam pulang sekolah di siang hari dan juga sore hari, ia bergabung dengan beberapa tukang batu untuk membelah batu-batu besar dan memperoleh upah dari pekerjaan itu. Hasil kerja sebagai tukang batu ia gunakan untuk membeli beras dan obat-obatan untuk papanya. Hidup seperti ini ia jalani selama lima tahun tetapi badannya tetap sehat, segar dan kuat.

Sejak umur 10 tahun, ia mulai tanggungjawab untuk merawat papanya. Ia menggendong papanya ke WC, ia menyeka dan sekali-sekali memandikan papanya, ia membeli beras dan membuat bubur, dan segala urusan papanya, semua dia kerjakan dengan rasa tanggung jawab dan kasih. Semua pekerjaan ini menjadi tanggung jawabnya sehari-hari.

Obat yang mahal dan jauhnya tempat berobat membuat Zhang Da berpikir untuk menemukan cara terbaik untuk mengatasi semua ini. Sejak umur sepuluh tahun ia mulai belajar tentang obat-obatan melalui sebuah buku bekas yang ia beli. Yang membuatnya luar biasa adalah ia belajar bagaimana seorang suster memberikan injeksi/suntikan kepada pasiennya. Setelah ia rasa ia mampu, ia nekad untuk menyuntik papanya sendiri. Saya sungguh kagum, kalau anak kecil main dokter-dokteran dan suntikan itu sudah biasa. Tapi jika anak 10 tahun memberikan suntikan seperti layaknya suster atau dokter yang sudah biasa memberi injeksi saya baru tahu hanya Zhang Da. Orang bisa bilang apa yang dilakukannya adalah perbuatan nekad, sayapun berpendapat demikian. Namun jika kita bisa memahami kondisinya maka saya ingin katakan bahwa Zhang Da adalah anak cerdas yang kreatif dan mau belajar untuk mengatasi kesulitan yang sedang ada dalam hidup dan kehidupannya. Sekarang pekerjaan menyuntik papanya sudah dilakukannya selama lebih kurang lima tahun, maka Zhang Da sudah trampil dan ahli menyuntik.

Ketika mata pejabat, pengusaha, para artis dan orang terkenal yang hadir dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut sedang tertuju kepada Zhang Da, Pembawa Acara bertanya kepadanya, ‚ÄúZhang Da, sebut saja kamu mau apa, sekolah di mana, dan apa yang kamu rindukan untuk terjadi dalam hidupmu, berapa uang yang kamu butuhkan sampai kamu selesai kuliah, besar nanti mau kuliah di mana, sebut saja. Pokoknya apa yang kamu idam-idamkan sebut saja, di sini ada banyak pejabat, pengusaha, orang terkenal yang hadir. Saat ini juga ada ratusan juta orang yang sedang melihat kamu melalui layar televisi, mereka bisa membantumu!‚ÄĚ Zhang Da pun terdiam dan tidak menjawab apa-apa. MC pun berkata lagi kepadanya, ‚ÄúSebut saja, mereka bisa membantumu‚ÄĚ Beberapa menit Zhang Da masih diam, lalu dengan suara bergetar iapun menjawab, ‚ÄúAku Mau Mama Kembali. Mama kembalilah ke rumah, aku bisa membantu Papa, aku bisa cari makan sendiri, Mama Kembalilah!‚ÄĚ demikian Zhang Da bicara dengan suara yang keras dan penuh harap.

 

Opini:

Untuk ukuran seorang anak kecil berumur sepuluh tahun, hal itu adalah sesuatu yang luar biasa. Bagi saya, hal yang perlu diapresiasi dari Zhang Da adalah bagaimana ia tahu cara mencintai. Bukankah mencintai berarti menerima dengan tulus dan menjaga apa yang dimiliki dengan sepenuh hati? Ia mencintai kehidupannya yang cukup sulit. Ia mencintai ayahnya yang merepotkannya dengan penyakitnya, bahkan ia tetap mencintai ibunya yang sudah tega meninggalkan dan membiarkannya memikul beban berat sendirian. Bagi Zhang Da keutuhan keluarga adalah sesuatu yang paling berharga dan tidak dapat ditukar dengan apapun. Semoga kisah ini menginspirasikan kita yang mungkin masih belum mau mencintai apa adanya kehidupan sekalipun itu terasa pahit dan sulit serta memotivasi kita untuk terus mempertahankan keutuhan keluarga kitaūüôā

 

Sumber:

http://www.michaelyamin.net/?ct=1&id=1312481330

Tinggalkan komentar »

Pernah Dengar Istilah ‚ÄėKokologi‚Äô?

Kokologi berasal dari kata kokoro yang artinya pikiran, semangat, perasaan, dan kata logia yang artinya ilmu. Jadi kokologi adalah ilmu yang mendalami dan mengembangkan pikiran. Kokologi berawal dari permainan kuis psikologi paling populer di Jepang dan sekarang menjadi metode psikotes terbaru yang menyebar luas di Amerika, Australia, Asia, dan seluruh dunia. Kuis tersebut dirancang untuk menyingkap emosi dan sifat tingkah laku seseorang, istilah populer untuk tingkah laku manusia atau respon situasional.

Mari kita coba bermain kokologi, dan lihat hasilnya, sesuaikah dengan kepribadian dan sifatmu sesungguhnya?

 

Ambil catatan dan pensil, yang harus kamu lakukan adalah menulis jawaban dan bersenang-senang. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini adalah pilihan ganda. Dalam waktu sekitar 10 menit, rahasia hati kamu akan terungkap.

Jangan lihat ke bagian penjelasan dulu sebelum kuis ini selesai.

 

  1. Bayangkan ada banyak monster menyeramkan mengancam kota, menurut kamu, apa penyebab kemarahan mereka, kenapa monster-monster itu begitu liar?
    a. Mereka lapar dan mencari makanan.
    b. Mereka cuma mencari orang yang mereka sayangi yang hilang.
    c. Cuma karena mereka monster jelek yang cepat marah.
    d. Mereka marah dengan dunia yang menyedihkan ini.

 

  1. Kamu sedang berjalan di galeri seni dengan santai dan berhenti di sebuah gambar. Kamu melihat dan memandang gambar itu cukup lama, kagum dan terpesona. Gambar seperti apakah itu?
    1. Potret diri.
    2. Pelesetan dari sesuatu.
    3. Abstrak.
    4. Lukisan alam.

 

  1. Kalau kamu punya penghapus ajaib yang bisa menghapus apapun, apa yang ingin kamu hapus?
    a. Menghapus diri sendiri.
    1. Menghapus kekasih kamu.
    2. Menghapus orang lain.

 

  1. Kamu sedang berada di galeri (lagi), di tempat yang sama. Saat kamu mengamati gambar itu, seorang pria yang berdiri di sebelah kamu ingin mengatakan sesuatu. Apa yang akan dikatakannya?
    a. ‚ÄúLukisan yang bagus ya. Bagaimana menurutmu?‚ÄĚ
    1. ‚ÄúApa yang kamu suka dari lukisan ini?‚ÄĚ
    2. ‚ÄúPermisi, boleh tahu sekarang jam berapa?‚ÄĚ
    3. ‚ÄúKamu tahu, saya yang membuat lukisan ini.‚ÄĚ

 

  1. Kamu sedang ada di hotel bintang 5 dengan pemandangan langit biru. Kamu tertidur dan tidur siang selama dua jam. Apa yang ingin kamu lihat di luar jendela setelah bangun?
    a. Cahaya matahari di tengah hari di atas laut biru.
    1. Laut bitu gelap yang memantulkan bintang di langit.
    2. Laut biru dingin yang sedikit terlihat di antara kabut.
    3. Matahari yang sedang tenggelam dimana langit dan laut bertemu.

 

  1. Kamu sedang membaca di ruang tengah saat seseorang mengetuk pintu rumah. Lewat mata kucing, kamu melihat orang yang tak dikenal. Melihat pakaiannya, orang itu adalah seorang teknisi. Teknisi apa orang itu?
    a. Listrik.
    1. Ledeng.
    2. Pendingn ruangan (AC).
    3. Televisi atau stereo.

 

  1. Kamu adalah seorang superstar yang akan merilis album baru. Apa yang ingin kamu tampilkan sebagai cover?
    a. Pemandangan indah.
    1. Gambar kartun.
    2. Gambar abstrak, sesuatu yang artistik.
    3. Gambar kamu sendiri.

 

  1. Seorang atasan menyuruh kamu memotong selembar kertas menjadi setengah. Bagaimana cara kamu memotongnya?
  2. Memotong di garis lurus.
    1. Memotong di garis bergelombang.
    2. Memotong di garis zigzag
    3. Memotong di satu garis melengkung.

 

  1. Jika kamu harus bunuh diri, cara apa yang kamu pilih?
    a. Menembak diri sendiri.
    1. Minum obat yang banyak.
    2. Gantung diri.
    3. Lompat dari gedung.

 

  1. Kue bagian apa yang ingin sekali kamu makan?
    a. Bagian strawberry.
    1. Bagian dekorasi yang nggak bisa dimakan.
    2. Bagian yang banyak gulanya.
    3. Bagian hiasan wafer.

 

  1. Kamu sedang jalan-jalan dan secara tidak sengaja menendang tempat sampah sampai jatuh berantakan. Apa yang kira-kira kamu lihat?
    a. Nggak ada, tempat sampahnya kosong.
    1. Cuma sampah yang menyebar di jalanan
    2. Hampir semuanya makanan
    3. Semua sampah sudah dimasukkan ke sebuah kantong dengan rapi.

 

  1. Kamu sedang nonton TV di ruang tengah dan karena sudah larut, kamu memutuskan untuk tidur. Saat masuk ke kamar, kamu melihat seekor ular di kasur empukmu. Apa yang akan kamu lakukan?
    1. Lari.
    2. Agak kaget tapi nggak terlalu takut. Kamu nggak tau harus ngapain.
    3. Agak kaget tapi nggak terlalu takut, kamu lalu memikirkan cara mengeluarkan ular itu.

 

  1. Kamu sedang menyetir di tepian laut. Melihat pemandangan indah, kamu memarkirkan mobil dan menggambar pemandangan mempesona ini sebagai kenangan. Bagaimana cara kamu menggambar pohon palem di sebelah kanan kertas?
    1. Lebih tinggi dari sebenarnya.
    2. Sama tinggi dari sebenarnya
    3. Lebih pendek dari sebenarnya.

 

  1. Kamu membeli donat isi coklat dari toko kue paling terkenal di kota. Sayangnya, saat dengan senang menggigit satu potongan, kamu sadar donat yang dibeli itu nggak ada isinya. Apa yang akan kamu lakukan?
    1. Kembali ke toto kue dan mencoba menukarnya dengan yang baru
    2. Berpikir ‚ÄúMau gimana lagi‚ÄĚ dan menghabiskan donat itu.
    3. Dengan kesal melempar donat itu dan membeli makanan lain.
    4. Mencari sesuatu yang untuk mengisi donat dan membuatnya lebih enak.

 

  1. Ada sebuah telur di depanmu. Telur apakah itu?
    1. Telur ular.
    2. Telur kura-kura.
    3. Telur dinosaurus.
    4. Telur ayam.

 

Sekarang waktunya cek jawaban…

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk sisi gelap kamu dan penyebab tekanan dalam hidup kamu.
    1. Kamu sedang diet dan merasa agak menderita karenanya
    2. Cinta yang membuat kamu tertekan.
    3. Kamu merasa kurang puas dengan penampilan.
    4. Kamu adalah orang yang pesimis.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk daya pikat kamu.
    1. Kamu adalah orang yang percaya diri.
    2. Kamu adalah orang yang suka berbicara dan humoris.
    3. Kamu adalah orang yang kreatif.
    4. Kamu adalah orang yang ramah dan berperilaku baik.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk bagaimana kamu menjalani kehidupan cinta kamu.
    1. Kamu selalu lari dari masalah percintaan.
    2. Kamu peduli dan melihat cinta sebagai sesuatu yang indah.
    3. Kamu tidak suka ada masalah dan mempengaruhi hidup. Kamu suka langsung memecahkan masalah.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk bagaimana cara kamu berekasi saat bertemu orang untuk pertama kali. Kalau memilih:
    1. Kamu adalah orang yang bersahabat dan senang mendapatkan teman baru.
    2. Kamu akan waspada sebelum berkenalan.
    3. Kamu adalah orang yang bebas dan tidak melihat pentingnya berkenalan dengan teman baru.
    4. Kamu selalu senang berkenalan dengan orang lain dan berusaha membuat mereka terkesan padamu.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk apa yang kamu inginkan dari cinta.
    1. Kamu menginginkan cinta bertegangan tinggi.
    2. Kamu percaya pentingya kejujuran dalam cinta.
    3. Kamu ingin kekasih Kamu menjadi sahabat.
    4. Kamu sedang mencari cinta sempurna. Ideal dan romantis.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk persoalan dalam keluarga yang ingin kamu abaikan.
    1. Suasana yang hangat dan semuanya ngobrol tentang apa saja.
    2. Perasaan saling mengerti di antara keluarga
    3. Faktor dari luar yang memperngaruhi keluarga kamu.
    4. Keceriaan dalam keluarga.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk apa yang kamu lihat sebagai sikap yang paling mempesona dari diri kamu dan ingin kamu tunjukkan ke orang lain.
    1. kamu melihat diri kamu sebagai orang yang ramah dan bersikap baik.
    2. kamu suka kehidupan sosial dan selalu menghibur orang-orang disekitarmu.
    3. kamu adalah orang yang cekatan, sangat berbakat dan kreatif.
    4. kamu mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dan senang menjadi pemimpin.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk tentang cara yang kamu pilih untuk memutuskan hubungan dengan orang lain.
    1. Kamu bisa langsung memutuskannya. Tanpa penyesalan.
    2. Kamu tidak bisa memutuskan secara utuh di saat yang sama.
    3. Cara kamu memutuskan hubungan kasar dan agresif.
    4. Kamu akan memutuskan hubungan secara baik.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk bagaimana kamu mengatur uang.
    1. Kamu sering dibilang pelit tapi tidak pernah punya masalah keuangan.
    2. Kamu adalah tipe businessman dan tahu cara mendapatkan uang dari apapun yang kamu inginkan.
    3. Kamu disiplin dalam mengeluarkan uang dan baik dalam menyimpan uang.
    4. Kamu tidak tahu bagaimana mengatur uang dan selalu menggunakannya setiap ada.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk tentang sikap kamu.
    1. Kamu hidup berdasarkan kesusilaan. Kamu tidak akan melakukan sesuatu yang melawan kebenaran.
    2. Kamu adalah orang yang fashionable dan selalu mempesona orang-orang di sekitar kamu.
    3. Kamu peduli terhadap orang perasaan orang lain dan suka berada di tempat ramai.
    4. Kamu adalah seseorang yang layak dan berbakat menjadi pemimpin. Kamu suka berada dalam suasana yang terkendali.
    5. Kamu adalah orang yang sensitif, romantis dan selalu memimpikan pernikahan yang bahagia.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk apa yang ingin kamu sembunyikan dari orang lain.
    1. Kamu tidak punya apapun untuk disembunyikan. Kamu sangat terbuka dan tulus terhadap orang lain.
    2. Kamu mencoba terbuka tetapi kenyataannya masih ada yang disembunyikan di pikiran kamu
    3. Kamu adalah seorang paranoid dan tidak suka siapa pun mengetahui kehidupan pribadi kamu.
    4. Kamu bisa mengendalikan pikiran dan jarang memberi tahu orang lain apa yang kamu rasakan.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk cara pandang kamu ke arah hubungan dengan kekasih.
    1. Kamu takut memulai hubungan dengan seseorang.
    2. Kamu tidak takut memiliki hubungan dengan seseorang yang disukai.
    3. Kamu tidak mau mamiliki hubungan dengan siapapun, dan jika kamu mencoba membunuh ular itu, artinya kamu telah menemukan seseorang yang sudah menikah.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk pikiran kamu tentang mantan kekasih.
    1. Kamu telah melupakan mantan kekasih kamu dan siap berpaling ke orang lain.
    2.  Kamu masih punya perasaan tentang mantan, dan bila ingin berhubungan dengan seseorang, orang itu harus punya beberapa hal yang sama dengan mantang kamu.
    3.  Kamu nggak bisa melupakan mantan.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk bagaimana reaksi kamu saat menghadapi persoalan yang tidak diduga.
    1. Kamu adalah oarang yang dapat dipercaya dan siap menghadapi apapun.
    2. Kamu tidak membiarkan masalah mengganggu untuk waktu yang lama.
    3. Kamu akan menyelesaikan persoalan itu secepatnya.
    4. Kamu selalu punya ide, yang orang lain setuju dan percaya, untuk memecahkan masalah.

 

  1. Pertanyaan ini memberi petunjuk harapan kamu jika punya anak nanti.
    1. Kaya dan pintar.
    2. Sehat dan panjang umur.
    3. Unik dan terkenal.
    4. Kamu hanya ingin anak yang aman dan senang

 

 

Sumber:

http://sastrabudayajepang.blogspot.com/2010/09/kokologi.html

http://nurulgranger.blogspot.com/2012/07/kokologi-baru.html

Tinggalkan komentar »

PERENCANAAN DAN KENDALI MANAJEMEN

Akuntansi Internasional adalah akuntansi untuk transaksi internasional, perbandingan prinsip akuntansi antarnegara yang berbeda, dan harmonisasi berbagai standar akuntansi dalam bidang kewenangan pajak, auditing, dan bidang akuntansi lainnya.

Akuntansi internasional meliputi dua aspek bahasan utama, yaitu deskripsi, pembandingan akuntansi, dan dimensi akuntansi atas transaksi internasional. Pada aspek yang pertama, akuntansi internasional membahas gambaran standar akuntansi dan praktik akuntansi pada berbagai negara serta membandingkan standar dan praktik tersebut pada masing-masing negara yang dibahas. Selain itu, aspek akuntansi internasional juga membahas mengenai pelaporan keuangan, valuta asing, perpajakan, audit internasional, serta manajemen untuk bisnis internasional.

Akuntansi internasional mencakup bahasan sebagai berikut: akuntansi perpajakan (transfer pricing, perpajakan internasional), akuntansi manajemen (kebijakan pembelanjaan kegiatan usaha di luar negeri, analisis investasi di luar negeri, manajemen risiko valuta asing, evaluasi kinerja kegiatan usaha di luar negeri), akuntansi keuangan (studi perbandingan standar akuntansi keuangan yang berlaku di mancanegara, standar akuntansi internasional (International Accounting Standards), permasalahan harmonisasi standar akuntansi secara global), permasalahan pengukuran dan pelaporan akuntansi MNC ‚ÄĒMultinational Company‚ÄĒ (penjabaran laporan keuangan anak perusahaan yang dilaporkan dalam mata uang, konsolidasi laporan keuangan MNC, analisis laporan keuangan untuk tujuan evaluasi kinerja MNC), auditing (studi perbandingan standar audit di mancanegara, studi perbandingan praktik profesi akuntan publik di mancanegara).
Struktur Sistem Pengendalian Manajemen

Struktur sistem pengendalian manajemen merupakan komponen-komponen yang berkaitan dengan lainnya yang secara bersama-sama membentuk sistem. Setiap komponen dalam struktur memiliki fungsi tertentu untuk mencapai tujuan sistem. Struktur yang sehat adalah struktur sistem yang setiap komponennya didesain sesuai dengan tuntutan lingkungan bisnis yang akan diterapi sistem tersebut.

Struktur sistem pengendalian manajemen diperlukan oleh organisasi perusahaan karena menuntut semua perusahaan yang memasukil lingkungan tersebut memiliki kekuatan lebih untuk bersaing. Agar dapat dipilih oleh costumer, produk dan jasa perusahaan harus memiliki keunggulan tidak akan bertahan lama, karena pesaing akan mencari berbagai cara untuk menghasilkan value terbaik bagi costumer. Oleh karena itu, untuk tetap bertahan dan bertumbuh di lingkungan bisnis yang kompetitif, perusahaan dituntut untuk secara berkelanjutan menemukan kembali keunggulan daya saing.

Untuk dapat bertahan dan bertumbuh dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, organisasi perusahaan tidak cukup hanya mampu menjadi pencipta kekayaan (wealth-creating institution) namun, dituntut untuk memiliki kemampuan jauh lebih dari itu, perusahaan dituntut untuk menjadi institusi pelipatgandaan kekayaan (wealth-multiplying institution) untuk membangun kemampuan perusahaan sebagai pelipat gandaan kekayaan, manajemen perlu memanfaatkan sistem manajemen yang khusus didesain untuk tujuan pelipatgandaan kekayaan.

Permasalahan yang timbul dalam implementasi struktur sistem pengendalian manajemen yang dapat diidentifikasikan sekarang ini adalah terletak pada kelemahan struktur dan kelemahan proses. Sistem pengendalian manajemen tidak dapat mewujudkan tujuan sistem kemungkinan karena strukturnya tidak pas dengan lingkungan yang dihadapi perusahaan, dapat juga terjadi tujuan sistem pengendalian manajemen tidak tercapai karena proses sistem pengendalian manajemennya lemah.

Dampak yang timbul dikarenakan perusahaan tidak memberlakukan struktur sistem pengendalian manajemen antara lain organisasi perusahaan akan kesulitan menghadapi berbagai perubahan tajam radikal, konstan, pesat, serentak sehingga roda organisasi tidak akan jalan dan tidak dapat membuat berbagai perencanaan, tidak dapat memprediksi target organisasi ke depannya

Untuk menghadapinya diperlukan struktur sistem pengendalian manajemen dimulai dari pengamatan dan pengindetifikasian memacu perubahan (change drivers) yang berdampak terhadap karakteristik lingkungan yang akan dimasuki perusahaan.)

 

Perencanaan dan kendali manajemen sangat penting bagi perusahaan (dalam hal ini perusahaan multinasional). Namun ada variabel-variabel yang memperumit keputusan manajemen, yaitu pengurangan dalam hambatan perdagangan nasional terus menerus, mata uang yang mengambang, resiko kedaulatan, pembatasan terhadap pengirim dana lintas batas nasional, perbedaan dalam sistem pajak nasional, perbedaan tingkat suku bunga dan pengaruh harga komoditas dan ekuitas yang berubah-ubah terhadap aktiva, laba, dan biaya modal perusahaan.

Persaingan global dan cepatnya penyebaran informasi membuat perbedaan nasional dalam praktek akuntansi manajemen menjadi semakin sempit. Tekanan tambahan antara lain mencakup perubahan pasar dan teknologi, pertumbuhan privatisasi, insentif biaya, dan kinerja serta koordinasi operasi global melalui joint venture dan kaitan strategis lainnya.

Dalam melakukan kendali manajemen perusahaan memerlukan alat perencanaan yang dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang relevan di masa depan, pemindaian terhadap lingkungan eksternal dan internal. Alat tersebut membantu perusahaan dalam mengenali kesempatan dan tantangan yang ada. Salah satu alat tersebut adalah analisis WOTS-UP yang menyangkut kekuatan dan kelemahan perusahaan yang berkaitan dengan lingkungan operasi perusahaan. Akuntan juga dapat membantu para perencana perusahaan untuk memperoleh data yang bermanfaat dalam keputusan perencanaan strategis.

Kemudian, keputusan untuk melakukan investasi luar negeri merupakan elemen yang sangat penting dalam strategi global sebuah perusahaan multinasional. Resiko investasi diikuti oleh lingkungan yang asing, rumit, dan senantiasa berubah. Perencanaan formal merupakan suatu keharusan dan umumnya dilakukan dalam suatu kerangka penganggaran modal yang membandingkan manfaat dan biaya investasi yang diusulkan. Perbedaan dalam hukum pajak, sistem akuntansi, laju inflasi, resiko nasionalisasi, kerangka mata uang, segmentasi pasar, pembatasan dalam pengalihan laba ditahan, dan perbedaan dalam bahasa dan budaya menambah unsur-unsur kerumitan yang jarang ditemui dalam lingkungan domestik.

Adaptasi (penyesuaian) oleh perusahaan multinasional atas model perencanaan investasi tradisional telah dilakukan dalam tiga bidang pengukuran:

(1) menentukan pengembalian yang relevan untuk investasi multinasional,

(2) mengukur ekspektasi arus kas, dan

(3) menghitung biaya modal perusahaan multinasional.

Seorang manajer harus menentukan tingkat pengembalian yang relevan untuk mengalisis kesempatan investasi asing. Namun tingkat pengembalian yang relevan merupakan masalah sudut pandang: proyek luar negeri atau induk perusahaan. Pengembalian dari dua sudut pandang ini dapat berbeda secara signifikan karena beberapa hal, yaitu pembatasan oleh pemerintah atas repatriasi laba dan modal; biaya izin, royalt, dan pembayaran lain yang merupakan laba bagi induk perusahaan namun merupakan beban bagi anak perusahaan; perbedaan laju inflasi nasional; dan perubahan kurs valuta asing; dan perbedaan pajak.

Manajer keuangan harus memenuhi banyak tujuan dengan memberikan respons kepada kelompok investor dan noninvestor di organisasi dan di lingkungannya. Jika suatu investasi asing tidak menjanjikan pengembalian yang telah disesuaikan resiko yang nilainya lebih dari pengembalian yang diperoleh pesaing lokal, maka pemegang saham induk perusahaan akan lebih baik untuk berinvestasi langsung di perusahaan lokal.

Bagi manajer perusahaan multinasional, mengukur ekspektasi arus kas suatu investasi asing merupakan hal yang cukup menantang. Perkiraan penerimaan didasarkan pada proyeksi penjualan dan pengalaman antipasti penagihan. Beban operasi dan pajak lokal juga sama-sama diramalkan. Namun demikian, terdapat tambahan kerumitan yang harus dipertimbangkan, yaitu:
– arus kas proyek vs induk perusahaan

– arus kas induk perusahaan yang terkait dengan pendanaan

– pendanaan yang bersubsidi

– resiko politik

Proses ini juga harus mempertimbangkan pengaruh perubahan dan fluktuasi nilai mata uang atas ekspektasi pengembalian mata uang asing. Sumber utama arus kas induk meliputi pinjaman dari induk perusahaan, dividen, biaya lisensi, beban overhead, royalty, harga transfer untuk pembelian dari atau penjualan kepada induk perusahaan, dan estimasi nilai akhir proyek. Pengukuran arus kas ini memerlukan pemahaman atas perbedaan akuntansi nasional, kebijakan repatriasi pemerintah, laju inflasi, dan kurs potensial masa depan serta perbedaan pajak.

 

Pembuatan Model Usaha

Empat dimensi utama model usaha:

1.       Identifikasi faktor utama kemajuan perusahaan

2.       Merumuskan tehnik peramalan dan analisis kemampuan perusahaan

3.       Mengembangkan sumber-sumber data untuk pilihan strategis

4.       Mentranslasi pilihan menjadi tindakan yang spesifik.

 

Alat Perencanaan

Dalam identifikasi faktor yang relevan di masa depan, analisis lingkungan eksternal dan internal sangat membantu perusahaan untuk mengenali tantangan dan kesempatan.

Analisis SWOT

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† Strength

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† Weakness

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† Opportunity

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† Threat

Akuntan membantu memberikan data yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan perencanaan strategis. Informasi juga bisa berasal dari sumber selain catatan akuntansi.

 

Penganggaran Modal

Investasi luar merupakan keputusan yang strategis dan penuh resiko. Oleh karena itu perencanaan formal harus dilakukan, seperti dengan membuat Capital Budgeting + C/B Analysis.

 

Pertimbangan sifat investasi (independen/mutually exclusive) dan menggunakan NPV yang paling optimal.

 

Dalam lingkungan internasional, perencanaan investasi tidaklah sederhana karena harus mempertimbangkan, perbedaan sistem hukum, sistem akuntansi, laju inflasi, resiko nasioanal, mata uang dan segmentasi pasar.

 

Sudut Pandang Hasil Keuangan

Manajer keuangan internasional harus mempertimbangkan rate of return dari aspek Proyek LN dan Proyek Induk Perusahaan.

 

Evaluasi hasil investasi dari sudut pandang investor domestik induk perusahaan tidak memadai lagi, tetapi lebih memadai jika dilihat dari sudut pandang negara tuan rumah.

 

Solusinya adalah manajer keuangan harus merespon kepada kelompok investor dan non-investor di organisasi dan lingkungannya.

 

Mengukur Ekspektasi Pengembalian

Mengukur ekspektasi arus kas sungguh cukup menantang, sehingga manajer keuangan harus memiliki gambar tentang proyeksi arus kas (lihat Gambar berikut ini).

 

Kerumitan proyeksi arus kas haru mempertimbangkan:

1.       Arus kas proyek vs Induk Perusahaan

2.       Arus kas induk perusahaan yang terikat dengan pendanaan.

3.       Pendanaan bersubsidi

4.       Resiko politik.

 

Biaya Modal Multinasional

Teori Capital Budgeting menyatakan, suatu proyek harus menghasilkan rate of return setidaknya sama dengan cost of capital agar proyek dapat diterima.

Metode gabungan ekspektasi pengembalian deviden dan ekpektasi tingkat pertumbuhan deviden.

di mana:

 

Di = ekspektasi deviden per lembar saham akhir periode.

P0 = Harga pasar kini saham awal periode.

g = ekspektasi tingkat pertumbuhan deviden.

 

Implementasi teori capital budgeting internasional tidak selalu langsung dan mudah dilaksanakan. Aspek capital budgeting  process dan aspek tepat waktu, perbedaan iklim, budaya, bahasa, IT semakin mempersulit keadaan.

 

Sistem Informasi Manajemen

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Isu yang berkaitan dengan Sistem

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Masalah Informasi

 

Informasi Manajemen dan Hiperinflasi

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†FAS No. 52 tentang penggunaan Metode Translasi Temporal

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Pendapatan Penjualan

 

Isu Dalam Pengendalian Keuangan

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Sistem Pengendalian Domestik Vs Multinasional

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Penganggaran Operasional

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Analisis Perubahan Kurs

 

Penentuan Biaya Strategis

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Ketika sistem biaya standar secara tradisional masih digunakan, perusahaan Jepang memperkenalkan konsep biaya yang fokus pada strategi manufaktur global (Productivity, TQC, JIT)

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Ketika metode penentuan harga berbasis biaya (variance analysis) digunakan, Jepang justru menggunakan metode penentuan biaya berbasis harga (target costing).

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Dengan target costing, estimasi biaya bukan didasarkan¬†biaya untuk membuat produk, tetapi berdasarkan pada¬†biaya yang dapat disisihkanuntuk setiap produk atau disebut¬†biaya Kaizen.

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Penentuan¬†biaya Kaizen¬†fokus pada apa yang diperlukan untuk mencapai tingkat kinerja dalam kondisi pasar yang kompetitif.

 

Evaluasi Kinerja Operasi LN

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Mengevaluasi kinerja memungkinkan top management untuk:

Mempertimbangkan profitabilitas

Menentukan kinerja area

Alokasi sumberdaya

Evaluasi kinerja manajemen

Memastikan konsistensi perilaku manajemen

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Konsistensi

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Kinerja Unit Vs Manajemen

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Kinerja Kriteria

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Isu Pengukuran dan Perubahan Harga dalam Evaluasi

 

Bagi manajer perusahaan multinasional, mengukur ekspektasi arus kas suatu investasi asing merupakan hal yang cukup menantang. Perkiraan penerimaan didasarkan pada proyeksi penjualan dan pengalaman antipasti penagihan. Beban operasi dan pajak local juga sama-sama diramalkan. Namun demikian, terdapat tambahan kerumitan yang harus dipertimbangkan:
– arus kas proyek vs induk perusahaan

– arus kas induk perusahaan yang terkait dengan pendanaan

– pendanaan yang bersubsidi

– resiko politik

Proses ini juga harus mempertimbangkan pengaruh perubahan dan fluktuasi nilai mata uang atas ekspektasi pengembalian mata uang asing.

Sumber utama arus kas induk meliputi pinjaman dari induk perusahaan, dividen, biaya lisensi, beban overhead, royalty, harga transfer untuk pembelian dari atau penjualan kepada induk perusahaan, dan estimasi nilai akhir proyek. Pengukuran arus kas ini memerlukan pemahaman atas perbedaan akuntansi nasional, kebijakan repatriasi pemerintah, laju inflasi, dan kurs potensial masa depan serta perbedaan pajak.

Perbedaan dalam prinsip akuntansi menjadi relevan jika manajer keuangan bergantung pada laporan keuangan pro forma dengan dasar local ketika mengestimasikan arus kas masa depan. Apabila aturan pengukuran yang digunakan untuk menyusun akun-akun ini berbeda dari aturan yang digunakan di Negara asal induk perusahaan, maka dapat terjadi perbedaan dalam estimasi arus kas.

Penyusunan system informasi seluruh dunia milik suatu perusahaan merupakan hal krusial dalam mendukung strategi perusahaan, termasuk proses perencanaan. Keadaan geografi, komunikasi informasi secara formal umumnya menggantikan kontak pribadi antara manajer operasi local dengan manajer kantor pusat. Perkembangan dalam teknologi informasi seharusnya mengurangi, tetapi tidak akan menghilangkan sama sekali kerumitan ini. Rancangan system berpengaruh pada keberhasilan yang dicapai:

1.¬†–¬†penyebaran rendah dengan sentralitas yang tinggi, digunakan oleh organisasi yang lebih kecil dengan operasi bisnis internasional yang terbatas, dan system informasi domestic yang mendominasi kebutuhan.

2.¬†–¬†penyebaran tinggi dengan sentralisasi yang rendah, digunakan oleh perusahaan multinasional dengan operasi di wilayah geografis yang berbeda-beda.

3. Рpenyebaran yang tinggi dengan sentralitas yang tinggi, dijalankan oleh perusahaan dengan aliansi strategi di seluruh dunia.
Opini:

Menurut saya, agar suatu sistem pengendalian di perusahaan multinasional berfungsi dengan baik, biasanya sistem yang digunakan tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan di domestik, alasannya supaya pihak manajemen tidak dipersulit dengan harus mengurusi pengendalian domestik dan multinasional secara bersamaan.

 

Sumber:

http://wenty-triherdanti.blogspot.com/2012/05/bab-10-perencanaan-dan-kendali.html

http://faboulus-gossipgirls.blogspot.com/2012/06/perencanaan-dan-pengendalian-manajemen.html

http://nurulakuntansiinternasional.blogspot.com/2012/06/perencanaan-kendali-manajemen.html

http://husen30.blogspot.com/2012/04/akuntansi-internasional-adalah.html

Tinggalkan komentar »

Hambalang, Satu dari Beberapa Kejahatan Kerah Putih Lainnya

Kejahatan kerah putih  adalah istilah temuan Hazel Croal untuk menyebut berbagai tindak kejahatan di lembaga pemerintahan yang terjadi, baik secara struktural yang melibatkan sekelompok orang maupun secara individu. Hazel Croal mendefinisikan kejahatan kerah putih sebagai penyalahgunaan jabatan yang legitim sebagaimana telah ditetapkan oleh hukum.

Kejahatan kerah putih meliputi antitrust pelanggaran, penipuan bank, penipuan kepailitan, penyuapan, penipuan komputer/internet, penipuan kartu kredit, pemalsuan, ekonomi spionase, penggelapan, pemerasan, pemalsuan, asuransi penipuan, money laundring, penipuan efek, dan penghindaran pajak. Biasanya ini tindakan non-kekerasan yang melibatkan beberapa jenis penipuan, yang paling sering dilakukan oleh orang-orang dalam bisnis atau kantor publik.

Pada awalnya kejahatan kerah putih merupakan kejahatan bisnis (business crime) atau kejahatan ekonomi (economic criminality).¬†Pelakunya adalah para ‚Äúpengusaha‚ÄĚ dan para ‚Äúpenguasa‚ÄĚ atau pejabat-pejabat publik di dalam menjalankan fungsinya atau perannya sehubungan dengan kedudukan atau jabatannya. Keadaan keuangan dan kekuasaan para pelaku relatif kuat sehingga memungkinkan mereka untuk melalukan perbuatan-perbuatan yang oleh hukum dan masyarakat umum dikualifikasikan sebagai kejahatan, karena mereka -dengan keuangannya yang kuat- dapat kebal terhadap hukum dan sarana-sarana pengendalian sosial lainnya. Tidak mudah untuk memenjara para pelaku kejahatan kerah putih, karena kelemahan dari para korbannya. Intinya istilah white collar crime ditujukan bagi aparat dan petinggi negara.

Salah satu praktik white collar crime yang terjadi di Indonesia adalah kasus terkait proyek pembangunan pusat olahraga Hambalang. Kasus ini pertama kali diungkapkan oleh terdakwa suap proyek pembangunan wisma atlet, M Nazaruddin. Menurut mantan bendahara umum partai Demokrat itu, Anas Urbaningrum turut terlibat dalm proyek dengan melakukan serangkaian pertemuan yang dihadiri Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN), Joyo Winoto, terkait sertifikasi tanah Hambalang. Bukan hanya itu, Nazaruddin juga menuding bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, ikut terlibat dalam proyek ini.

Kronologi Kasus Hambalang

Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional yang bertempat di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, mulanya bukan pilihan satu-satunya. Mega proyek untuk mencetak atlet profesional dan berprestasi itu melewati lika-liku yang memakan waktu panjang. Mulanya proyek ini adalah inisiasi Direktorat Jenderal Olahraga Departemen Pendidikan Nasional pada 2003-2004, yang saat itu butuh pusat pendidikan dan pelatihan olahraga dalam rangka persiapan pembinaan atlet nasional bertaraf internasional.

Berdasar kajian verifikasi tahun 2004, muncul lima lokasi yakni Karawang, Ciriu – Bogor, Cibinong, Cikarang, dan Bukit Hambalang. Setelah pengkajian, mengerucut ke tiga tempat yakni Desa Hambalang Kabupaten Bogor, Desa Karangpawitan Kabupaten Karawang, dan Desa Ciriu Kabupaten Bogor. Pembangunan lokasi juga mendapat izin prinsip Bupati Bogor Nomor 591/244/Kpts/Huk/2004 tanggal 19 Juli 2004 tentang penetapan lokasi untuk pembangunan gedung PLOPN di Hambalang seluas kurang lebih 30 hektar atas nama Dirjen Olahraga Departemen Pendidikan Nasional.

Tahun 2004 dilaksanakan pembayaran kerohiman untuk penggarap lahan dan pengurusan sertifikat. Saat itu pembangunan fisik sudah dimulai seperti masjid, asrama, infrastruktur, turap lapangan sepakbola dan pagar. Proyek PLOPN kemudian dialihkan Direktorat Jenderal Olahraga dan Direktorat Kepemudaan Departemen Pendidikan Nasional kepada Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Nomor 0850 A/OR/2004, Nomor 030/18/KSP/HUK/2004 tanggal 3 November).

Berdasar kerangka acuan analisi dampak lingkungan (KA-ANDAL), pada April 2005 telah direncanakan fasilitas dan penunjang PLOPN antara lain GOR, lapangan bola, lapangan bulutangkis, lapangan tenis, kolang renang, lapangan tenis meja, lapangan atlet, area panahan, lapangan lempar lembing, lempar cakram, gedung latihan angkat besi, sarana tinju, olahraga dayung, gedung senam, gedung sekolah studi olahraga, perpustakaan, wisma, kantor, laboratorium, hotel, cafe, balairung, gedung penelitian, musium prestasi kejayaan. Pada tahun yang sama, konsultan pekerjaan melaksanakan studi geologi dan survey dan analisa hidrologi PLOPN.

Tahun 2006 dianggarkan dan dilaksakan pembuatan master plan dan maket perubahan dari rencana awal menjadi Pusat Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional di Sentul, Jawa Barat. Sarana dan prasarana dalam maket pembangunan itu antara lain gerbang, gedung serbaguna, masjid, pusat kesehatan, rehabilitasi dan pusat kebugaran, dua lapangan sepakbola, plaza, gedung penunjang, asrama dan cafetaria, tenis indoor, basket indoor, basket dan tenis outdoor, kolam renang, hall angkat besi dan angkat beban, hall senam dan gulat, lapangan latihan atletik, lapangan panahan, gedung wushu dan parkir.

Tahun 2007 diusulkan perubahan nama dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Olahraga Pelajar Nasional, dengan pemrakarsa Departemen Pendidikan Nasional menjadi Pusat Pembinaan dan Pengembangan Prestasi Olahraga Nasional dengan pemrakarsa Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga.

Kejanggalan Proyek Hambalang

Panitia Kerja Proyek Hambalang Komisi Olahraga DPR sempat batal meminta penjelasan Kementerian Pemuda dan Olahraga perihal penganggaran proyek Hambalang dan ambruknya dua gedung dalam proyek senilai Rp 1,2 triliun itu. Pertemuan tersebut dibatalkan karena Menteri Andi Alifian Mallarangeng berhalangan hadir. Padahal anggota panitia kerja akan menanyakan surat persetujuan Menteri Keuangan soal pembiayaan multiyears kontrak itu yang dari awal tidak pernah dibicarakan pemerintah kepada panitia.

Anggota Panitia lainnya, Oelfah A. Syahrullah Harmanto, menilai perencanaan dan pembangunan proyek di atas tanah seluas 32 hektare itu terkesan kurang matang. Bukan cuma itu yang janggal di proyek yang tengah ditelisik Komisi Pemberantasan Korupsi tersebut.

  1. Peningkatan skala proyek Hambalang dibuat tergesa-gesa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2010. Diketahui, APBN-P lebih rawan dikorupsi ketimbang APBN dan, menurut ICW, sekitar 80 persen korupsi anggaran dilakukan melalui APBN-P.
  2. Sebagian anggota Komisi Olahraga DPR mengaku tak mengetahui peningkatan skala proyek Hambalang dari sekolah atlet senilai Rp 125 miliar menjadi pusat olahraga bernilai Rp 1,2 triliun dengan anggaran multi-tahun.
  3. Ada pembicaraan soal Hambalang antara Menteri Andi Alifian Mallarangeng dan terpidana Wisma Atlet M. Nazaruddin, Koordinator Anggaran Komisi Olahraga Angelina Sondakh, serta Ketua Komisi Olahraga Mahyudin pada 10 Januari 2010. Namun pengakuan Nazar ini telah dibantah oleh semua yang hadir pada pertemuan tersebut.
  4. Lahan Hambalang yang labil dipaksakan menopang proyek besar.
  5. Pengurusan sertifikat melibatkan Anas Urbaningrum–kala itu Ketua Fraksi Demokrat–yang meminta anggota Komisi Pemerintahan Ignatius Mulyono, yang dekat dengan Kepala BPN Joyo Winoto. Hasilnya, dalam waktu kurang dari sebulan, sertifikat kelar, padahal surat tanah ini tak kelar diurus sejak 2004.
  6. Diduga ada kolusi dalam subkontrak pemegang proyek, PT Adhi Karya, dengan PT Dutasari Citralaras karena Dutasari dimiliki kader Demokrat Munadi Herlambang, Atthiyah Laila (istri Anas), dan orang dekat Anas, Machfud Suroso.
  7. Adhi Karya mensubkontrakkan sebagian pekerjaan ke Dutasari untuk pekerjaan yang bukan keahlian Dutasari, sehingga Dutasari mensubkannya lagi ke PT Bestindo Aquatek Sejahtera dan PT Kurnia Mutu.
  8. Nazar beberapa kali menyatakan ada fee Rp 100 miliar dari Adhi Karya yang mengalir ke DPR dan untuk membiayai pemenangan Anas sebagai Ketua Umum Demokrat di Kongres Bandung, Mei 2010.

Laporan Hasil Pemeriksaan BPK

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Hadi Purnomo, menyampaikan secara resmi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) proyek Hambalang ke DPR, Rabu (3/10). Dalam LHP itu terungkap sejumlah dugaan penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, BPK menyimpulkan terdapat indikasi penyimpangan terhadap peraturan perundang-undangan dan penyalahgyunaan kewenangan yang dilakukan oleh pihak terkait pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga nasional Hambalang.

Inilah sebagian dari dugaan penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang itu. Pertama, Surat Keputusan (SK) Hak Pakai. Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) menerbitkan SK pemberian hak pakai tertanggal 6 Januari 2010 bagi Kemenporaatas tanah seluas 312.448 hektare di Hambalang. Padahal, surat pelepasan hak dari pemegang hak sebelumnya diduga palsu.

Kedua, izin lokasi dan site plan. Bupati Bogor meneken site plan, padahal Kemenpora belum melakukan studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) proyek Hambalang. Tindakan ini menabrak UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Bupati Bogor No.30 Tahun 2009 tentang Pedoman Pengesahan Master Plan, Site Plan dan Peta Situasi, dan Perda Kabupaten Bogor No.12 Tahun 2009 tentang Bangunan dan Gedung.

Ketiga, pendapat teknis. Direktur Penataan Bangunan dan Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memberikan pendapat teknis yang dimaksud dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 56/PMK.02/2010 tentang Tata Cara Pengajuan Persetujuan Kontrak Tahun Jamak Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Pemberian pendapat teknis itu tanpa memperoleh pendelegasian dari Menteri PUsehingga diduga melanggar Peraturan Menteri PU No.45 Tahun 2007.

Keempat, setelah melakukan proses penelaahan secara berjenjang, Menteri Keuangan dan Dirjen Anggaran menyetujui untuk memberikan dispensasi perpanjangan batas waktu revisi rencana Kerja dan Anggaran Kementrian Negara/ Lembaga (RKA-KL) TA 2010. Revisi itu dilakukan pada data dan informasi yang tidak benar.

Kelima, permohonan kontrak. Sesmenpora menandatangani surat permohonan persetujuan kontrak tahun jamak tanpa memperoleh pendelegasian dari Menpora, sehingga potensial melanggar PMK 56/PMK.02/2010. Selain itu, Menpora diduga melakukan pembiaran terhadap Sesemenpora dalam melaksanakan kewenangannya. Bahkan Kemenpora dinilai tidak melaksanakan pengedalian dan pengawasan sebagaimana dimaksud PP No.60 Tahun 2008.

Keenam, izin kontrak tahun jamak. Menteri Keuangan menyetujui kontrak tahun jamak. Dirjen Anggaran menyelesaikan proses persetujuan kontrak tahun jamak setelah  melalui proses penelaahan secara berjenjang. Namun BPK berpendapat perbuatan itu melanggar PMK 56/PMK.02/2010 dan PMK  104/PMK.02/2010 lantaran tidak seluruh unit bangunan yang hendak dibangun dalam waktu lebih dari satu tahun anggaran. Kemudian permohonan persetujuan kontrak tahun jaman tidak diajukan oleh menteri atau pimpinan lembaga. Dan revisvi RKA-KL Kemenpora 2010 tentang kegiatan lebih dari satu tahun anggaran belum ditandatangani oleh Dirjen Anggaran.

Ketujuh, pelelangan. Menurutnya, Sesmenpora menetapkan pemenang lelang konstruksi dengan nilai kontrak di atas Rp50 miliar tanpa pendelegasian dari Menpora. Penetapan pemenang lelang melanggar Keppres pengadaan barang dan jasa. Lagipula, dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi, pemenang tender menyubkontrakkan sebagian pekerjaan utamanya kepada perusahaan lain.

Kedelapan, Kabag Keuangan Kemenpora menandantangani dan menerbitkan Surat Perintah Membayar (SPM). Padahal Surat Permintaan Pembayaran belum ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Tindakan itu dinilai melanggar PMK 134/PMK.06/2005 tentang Pedoman Pembayaran Dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, dan Peraturan Dirjen Perbendaharaan Per-66/PB/2005.

Ketua Komisi X Agus Hermanto mengatakan akan memproses laporan tersebut di Panja Hambalang. Menurutnya Panja akan bekerja setelah masa reses berakhir. Dia berharap hasil audit investigasi BPK berdasarkan fakta di lapangan. Agus menambahkan hasil audit investigasi tahap satu ini akan dijadikan dasar pembahasan dalam mengambil keputusan.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR Sumarjati Arjoso mengatakan siap menelaah LHP BPK. BPK mencatat potensi kerugian negara dalam proyek Hambalang mencapai Rp243 miliar. Menurut Hadi, indikasi kerugian negara diperoleh  dengan membandingkan jumlah dana yang dikeluarkan oleh Kemenpora dengan nilai pekerjaan sebenarnya.

Berdasarkan telaah yang dilakukan, BAKN DPR telah menyimpulkan bahwa setelah vakum sejak 2004, titik tolak proyek P3SON Hambalang dimulai kembali setelah Sesmenpora Wafid Muharam (WM) dan Tim Asistensi mempresentasikan rencana pembangunan Proyek Hambalang di Cilangkap yaitu di rumah kediaman Andi Mallarangeng (AM) berdasarkan permintaan Andi.

Atas petunjuk Andi PPPON selanjutnya dikembangkan menjadi P3SON dengan disusun kembali Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang baru di awal tahun 2010. Dalam KAK yang baru masukan AAM adalah penambahan asrama atlit senior, amphitheatre, sport extreme, dan lain-lain.

Selain itu, dalam telaah yang dilakukan BAKN juga telah menyimpulkan beberapa kejanggalan dalam pembangunan proyek tersebut. Poin-poin yang menurut BAKN perlu mendapat perhatian khusus (kejanggalan) adalah:

  1. RY Bupati Bogor, SS Kepala Badan Perizinan Terpadu Kabupaten Bogor, Bu Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Bogor, YH Kepala Dinas Tata Bangunan dan Permukiman Kabupaten Bogor, AAA PPK kegiatan studi Amdal, secara bersama-sama telah melakukan pelanggaran dalam penerbitan Izin Lokasi, Site Plan dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pembangunan P3SON yang berlokasi di Desa Hambalang Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, meskipun Kemenpora selaku pemohon belum melakukan studi Amdal atas rencana pembangunan tersebut. Hal ini terbukti dari DN (Direktur PT. CKS) sebagai pemegang kontrak Amdal tidak pernah melakukan studi Amdal padahal telah menerima pembayaran hak terdahulu diduga palsu;
  2. AM, Menteri Pemuda dan Olahraga, WM Sekretaris Kemenpora, dan DK selaku Kepala Biro Perencanaan Kemenpora dan Pejabat Pembuat Komitmen, secara bersama-sama telah melakukan pelanggaran dalam menyampaikan permohonan kontrak tahun jamak kepada Menteri Keuangan. GH Direktur Penataan Bangunan dan Lingkungan Kementerian PU, dan DP Pengelola teknis Kementerian PU, secara bersama-sama telah melakukan pelanggaran dalam memenuhi persyaratan untuk diajukan menjadi tahun jamak.
  3. ADWM Menteri Keuangan, AR Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, DPH Direktur Anggaran II Kementerian Keuangan, S Kasubdit II E Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, RH Kasie II E-4 Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, dan AM Staf Seksi II E-4 Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, secara bersama-sama telah melakukan pelanggaran dalam menetapkan persetujuan kontrak tahun jamak.
  4. AM Menteri Pemuda dan Olahraga, WM Ses Kemenpora, WiM Ketua Panitia Pengadaan Kemenpora, J Anggota Panitia Pengadaan Kemenpora, BaS Sekretaris Panitia Pengadaan Kemenpora, RW Staf Biro Perencanaan Kemenpora, MA Komisaris PT MSG, AW Marketing Manager PT MSG, HaH staf PT YK, AS Direktur PT CCM, Mul Manajer Pemasaran PT CCM, AG staf PT CCM, RH staf PT CCM, RMS staf PT CCM, YS staf PT CCM, MG staf PT CCM, TS staf PT AK, AT, KS selaku staf PT AK, secara bersama-sama telah melakukan pelanggaran dalam pemilihan rekanan proyek P3SON.
  5. RI Kabag Keuangan Kemenpora, TBMN selaku Kepala DK-I PT AK, MS selaku Dirut PT DC, secara bersama-sama telah melakukan pelanggaran dalam pencairan uang muka proyek P3SON.

Akibat penyimpangan dan indikasi penyalahgunaan kewenangan tersebut di atas maka terjadi indikasi kerugian Negara setidaknya sebesar Rp243.663.748.370,00 yang merupakan pelanggaran Pasal 34 ayat (1) dan ayat (2) UU No. 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Oleh sebab itu, atas temuan kejanggalan tersebut maka BAKN merekomendasikan beberapa poin yang ditujukan sebagai acuan dalam melakukan proses tindak lanjut atas pengusutan proyek tersebut, yaitu:

  1. Meminta KPK menuntaskan penanganan kasus Hambalang yang menyebabkan kerugian negara sekurang-kurangnya Rp243,66 miliar dan kepada PPATK untuk melakukan penelusuran aliran dana tersebut.
  2. Selain menyesalkan problem independensi, kebocoran laporan BPK, BAKN meminta BPK segera melakukan pemeriksaan lanjutan sebagaimana yang dijanjikan pada tanggal 31/10/12, untuk mengungkapkan kerugian negara lebih jauh.
  3. Meminta Pimpinan Komisi X dan Pokja Anggaran untuk bertanggung jawab atas proses pembahasan dan persetujuan anggaran proyek Pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang Bogor, yang awalnya tahun 2010 sebesar Rp275 miliar menjadi Rp1,175 Triliun pada tahun 2012.
  4. Meminta DPR untuk mempergunakan hak bertanya kepada Pemerintah sehubungan terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang dalam pelaksanaan proyek P3SON.

Review Mengenai Kasus Hambalang

Penganggaran proyek pembangunan sarana olahraga Hambalang berbau kejahatan kerah putih karena tidak semua anggota Komisi X DPR ikut membahas anggaran proyek itu. Hanya sebagian anggota Komisi X DPR yang mendapat rincian data anggaran proyek Hambalang. Mekanisme penganggaran proyek itu tidak transparan. Dengan demikian, pertanyaannya adalah apa yang harus ditutup-tutupi oleh pemerintah khususnya kementerian Pemuda dan Olahraga saat membahas anggaran proyek Hambalang.

Ketertutupan pemerintah tersebut melengkapi ketidakterbukaan pemerintah dalam skandal Bank Century yang hingga kini belum tuntas. Kedua kasus tersebut sama-sama melibatkan  para pembantu Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. Jika ada kementerian yang berani merealisasikan sebuah proyek tanpa mengikuti mekanisme penganggaran yang benar berarti  menteri bersangkutan terang-terangan melanggar undang-undang. Setiap menteri dalam bekerja harus berdasarkan mekanisme sebagaimana diatur oleh undang-undang.

Persoalan Hambalang merupakan persoalan serius karena menyangkut kredibilitas kabinet dan pertanggungjawaban atas penggunaan keuangan negara. Sejumlah anggota Komisi X DPR yang berkaitan dengan masalah proyek Hambalang tidak memiiki informasi yang cukup bahkan tidak tahu proses perencanaan dan penganggaran, termasuk penetapan proyek ini sebagai program multi years.

Sistem multiyears atau yang disebut dengan anggaran  tahun jamak adalah sistem pendanaan proyek yang menggunakan anggaran tahun jamak adalah proyek yang penyelesaiannya lebih dari satu tahun. Pengajuan anggarannya mestilah dilakukan sejak awal, sebelum proyek dimulai. Menkeu juga berhak lakukan pengkajian atas pengajuan kontrak multiyear itu. Bila semua alasan dalam pengajuan tahun jamak itu dirasa masuk akal, maka akan disetujui. Namun persetujuannya itu juga harus dilakukan antara pemerintah dan DPR.

Sebelumnya Menpora Andi Mallarangeng diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait ‘permainan’ anggaran dalam proyek pembangunan sarana olahraga yang terletak di Provinsi Jawa Barat tersebut.

KPK menemukan suatu fenomena aneh dalam perkara Hambalang yang sudah naik ke level penyidikan. Kasus ini menarik, karena ada sejumlah aliran dana dalam jumlah besar kepada pihak-pihak tertentu, kemudian setelah kasus ini muncul, tiba-tiba dana itu ditarik kembali.

Dalam rangka pengembangan kasus Hambalang, KPK juga telah melakukan penggeledahan di beberapa tempat. Penggeledahan itu dalam rangka memperoleh informasi dan gambaran kasus ini secara jelas dan komprehensif. Wakil ketua bidang penindakan tak menampik bakal ada tersangka berikutnya dari baik dari penyelenggara negara maupun pihak swasta. Namun saat ini lanjutnya, KPK masih fokus terhadap satu tersangka.

KPK sudah menetapkan tersangka terkait kasus proyek Hambalang. Adalah Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora Dedi Kusnidar yang menjadi tersangka. KPK menyebut ada dugaan miliaran rupiah uang negara yang diselewengkan dalam proyek ini. KPK belum mau menyebut ke pihak mana saja uang negara mengalir dalam proyek Rp 1,3 triliun tersebut. Dedi ditetapkan sebagai tersangka pada Kamis (19/7). Dedi diduga tahu soal pengadaan dan penganggaran proyek ini. KPK sudah menggeledah ruangan Dedi dan Adhi Karya selaku pihak yang menggarap proyek tersebut. Hingga kini Dedi dan pihak Adhi Karya belum bisa dikonfirmasi.

Referensi:

http://agsasman3yk.wordpress.com/2010/04/29/kejahatan-kerah-putih/

http://www.tempo.co/read/news/2012/05/31/063407318/8-Kejanggalan-Proyek-Hambalang

http://artikel-populer.blogspot.com/2012/10/kejanggalan-proyek-hambalang-versi-bpk.html

http://news.okezone.com/read/2012/11/14/339/718225/bakn-temukan-5-kejanggalan-dalam-proyek-hambalang

http://www.bisnis.com/articles/kasus-hambalang-kejahatan-kerah-putih-di-dpr

http://news.detik.com/read/2012/07/23/095715/1971968/10/kasus-hambalang-terungkap-banyak-aliran-dana-yang-ditarik-mendadak?nd771108bcj

http://www.wartanews.com/nasional/da916bc7-a2d7-c0e6-d6a4-23f81702fffa/proyek-multiyear-kini-jadi-trend

Tinggalkan komentar »

KONSEP ETIKA DAN HUKUM

Secara etimologis istilah etika berasal dari bahasa Yunani kuno ‚Äėethos‚Äô dalam bentuk tunggal dan ‚Äėta etha‚Äô dalam bentuk jamak yang artinya adat kebiasaan. Istilah ‚Äėetika‚Äô setidaknya memiliki tiga arti. Pertama etika adalah nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah laku, kedua etika merupakan kumpulan asas atau nilai moral, dan yang ketiga menyatakan bahwa etika adalah ilmu tentang yang baik dan buruk.

Konsep hukum dikembangkan oleh berbagai mazhab atau aliran di dalam teori hukum dan filsafat hukum. Konsep hukum tradisional mengartikan hukum sebagai asas/ kaidah/ norma, sedangkan pandangan modern menyatakan bahwa hukum tetap dilihat sebagai norma atau kaidah tetapi juga merupakan gejala sosial budaya. Konsep ini mempertahankan hukum tetap harus berbentuk tertulis untuk menjaga kepastian hukum, tetapi isinya harus merupakan perhatian terhadap gejala sosial budaya yang mencerminkan hukum yang timbul di masyarakat.

Hukum bersifat abstrak (tidak nyata, tidak berwujud namum meskipun hukum itu tidak nyata tetapi hukum itu benar-benar ada bukan mengada-ada, bukan fiksi), kontinuitas (hukum berlangsung sepanjang masa, tidak dapat dicabut, bagaimanapun tragisnya suatu keadaan), universal (hukum itu ada dan berlaku dimana-mana), dan luas (hukum itu tidak hanya berlaku dalam suatu wilayah negara, atau berlaku untuk warganegara yang bersangkutan saja, bahkan hukum itu dapat berlaku di luar wilayah negara yang bersangkutan).

Macam-macam sistem hukum adalah:

  1. Sistem Hukum Eropa Kontinental

Menurut sistem Eropa Kontinental, hukum memperoleh kekuatan mengikat karena diwujudkan dalam peraturan-peraturan yang berbentuk undang-undang dan tersusun secara sistematik di dalam kodifikasi atau kompilasi tertentu. Hukum adalah undang-undang. Tujuan dari sistem hukum ini adalah untuk menjamin kepastian hukum (diatur oleh peraturan tertulis)

2. Sistem Hukum Anglo Saxon (Anglo Amerika)

Sumber hukumnya merupakan putusan hakim/ pengadilan (Judisial Decisions). Kebiasaan-kebiasaan dan peraturan tertulis undang-undang dan peraturan administrasi negara diakui yang pada umumnya bersumber dari putusan pengadilan. Hakim mempunyai wewenang yang sangat luas untuk menafsirkan peraturan hukum yang berlaku. Sering disebut sebagai Case Law

3. Sistem Hukum Adat

Bersumber pada peraturan hukum tidak tertulis yang tumbuh berkembang dan dipertahankan dengan kesadaran hukum masyarakatnya. Merupakan pencerminan kehidupan masyarakat ( contoh; Hukum Agraria)

4. Sistem Hukum Islam ( H.Waris)

Antara etika dengan hukum terjalin hubungan erat, karena lapangan pembahasan keduanya sama-sama berkisar pada masalah perbuatan manusia. Tujuannya pun sama, yakni mengatur perbuatan manusia demi terwujudnya keserasian, keselarasan, kebahagiaan mereka. Bagaimana seharusnya bertindak, terdapat dalam kaidah-kaidah hukum dan kaidah-kaidah etika. Bedanya ialah jika hukum memberikan putusan hukumnya perbuatan, maka etika memberikan penilaian baik atau buruknya. Putusan hukum ialah menetapkan boleh tidaknya perbuatan itu dilakukan dengan diiringi sanksi-sanksi apa yang akan diterima pelaku. Penilaian etika apakah perbuatan itu baik dikerjakan yang bakal mengantarkan manusia kepada kebahagiaan, dan menilai apakah itu buruk yang bakal mengantarkan seseorang kepada kehinaan dan penderitaan . Selain daripada itu terdapat perbedaan dalam luasnya dalam bidang yang dicakup. Ada masalah yang diperkatakan etika, tetapi tidak dicakup oleh hukum.

Etika juga diperlukan dalam kegiatan bisnis Karena bisnis tidak hanya bertujuan untuk profit melainkan perlu mempertimbangkan nilai-nilai manusiawi. Bisnis dilakukan diantara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya, sehingga membutuhkan etika sebagai pedoman dan orientasi bagi pengambilan keputusan, kegiatan, dan tindak tanduk manusia dalam berhubungan (bisnis) satu dengan lainnya. Bisnis saat ini dilakukan dalam persaingan yang sangat ketat, maka dalam persaingan bisnis tersebut, orang yang bersaing dengan tetap memperhatikan norma-norma etis pada iklim yang semakin profesional justru akan menang.

Etika dan prinsip hukum akuntansi

Dalam hal ini memang etika adalah persoalan penting dalam profesi akuntan karena akuntansi diharapkan dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi pengambil keputusan.
Terdapat 3 prinsip dasar perilaku yang etis, yaitu:

  1. Menghindari pelanggaran etika yang terlihat remeh. Meskipun tidak besar sekalipun, suatu ketika akan menyebabkan konsekuensi yang besar pada profesi
  2. Memusatkan perhatian pada reputasi jangka panjang. Reputasi adalah yang paling berharga, bukan sekedar keuntungan jangka pendek.
  3. Bersiap menghadapi konsekuensi yang kurang baik bila berpegang pada perilaku etis. Mungkin akuntan akan menghadapi masalah karier jika berpegang teguh pada etika. Namun sekali lagi, reputasi jauh lebih penting untuk dipertahankan.

Karena tanggung jawab moral akuntan adalah kepada pihak ekstern perusahaan sebagai pemakai laporan keuangan, jadi sangat penting untuk diingat bahwa akuntan harus bekerja sesuai standar yang berlaku (SAK) dan tidak sengaja memanipulasi informasi yang menguntungkan pihak-pihak tertentu. Segala sesuatu yang kita lakukan masih terikat dengan hukum baik hukum tertulis maupun hukum adat. Sama halnya dengan seorang akuntan yang melakukan proses akuntansi, mereka melaksanakan tugas sebagai akuntan sesuai dengan hukum yang berlaku bagi seorang akuntan.

Proses akuntansi sangat berkaitan dengan aspek hukum ekonomi karena proses akuntansi juga merupakan kegiatan ekonomi. Di dalam prosesnya, seorang akuntan tidak dapat melaksanakan kegiatannya tanpa mengacu pada aturan-aturan hukum atau aspek hukum dalam ekonomi. Di dalam aspek hukum ekonomi sudah ada aturan mengenai proses akuntansi yang harus dipatuhi dan tidak boleh disalahgunakan oleh para akuntan karena dapat merugikan pihak lain.

Referensi:

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Konsep%20Dasar%20Etika.pdf

http://syahdotme1.files.wordpress.com/2012/03/hubungan-etika-dengan-ilmu-lain5.pdf

http://www.google.com/#hl=id&sclient=psy-ab&q=etika-dan-hukum-dalam-bisnis&oq=etika-dan-hukum-dalam-bisnis&gs_l=serp.3…12806.27915.0.28200.34.30.3.0.0.2.2617.21322.2-7j6j2j1j1j1j1j5.24.0…0.0…1c.1.cwEIftPIIRk&pbx=1&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.r_qf.&fp=d68301ce9e07c6e&bpcl=37643589&biw=1024&bih=662

http://ilerning.com/index.php?option=com_content&view=article&id=116:konsep-hukum-&catid=35:filsafat-hukum&Itemid=53

http://dhyladhil.blogspot.com/2011/02/etika-dan-prinsip-hukum-akuntansi.html

Tinggalkan komentar »

KERANGKA E-COMMERCE GLOBAL

BAB I

PENDAHULUAN

1.1                   LATAR BELAKANG

Dengan meluasnya perdagangan global, tidaklah cukup bagi sebuah perusahaan atau seorang entrepreneur hanya mengandalkan iklan atau selebaran biasa untuk memajukan bisnis yang dijalankannya. Seorang entrepreneur atau merchant  yang proyeksinya ke depan akan berusaha mengembangkan usahanya secara luas dan e-commerce merupakan salah satu solusi untuk memperluas jaringannya tersebut.

Penerapan e-commerce dimulai pada tahun 1970-an dengan adanya inovasi semacam Electronic Fund Transfer (EFT). Saat itu masih terbatas pada beberapa perusahaan dan lembaga keuangan saja. Lalu muncul Electronic Data Interchange (EDI) yang tidak hanya melakukan transaksi keuangan serta memperbesar perusahaan yang berperan serta. Dengan adanya komersialisasi internet di awal 1990-an serta pesatnya pertumbuhan pelanggan potensial maka lahirlah istilah e-commerce yang aplikasinya segera berkembang pesat. Perkembangan situs e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak 1996 dengan berdirinya Dyviacom Intranet atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online.

Perkembangan e-commerce di Indonesia dapat menjadi sesuatu yang menjanjikan. Salah satu faktor yang mengakibatkan hal ini adalah peningkatan jumlah pengguna internet. Tolak ukur baik tidaknya suatu situs e-commerce salah satunya ditinjau dari banyaknya jumlah pengunjung situs tersebut dan berapa lama pengunjung mengakses situs tersebut.

Menyadari perkembangan tersebut rasanya penting bagi kita untuk memahami konsep e-commerce beserta pokok permasalahan di dalamnya. Dilatarabelakangi oleh hal ini lah penyusun membahas kerangka e-commerce global dalam makalah ini.

1.2                   TUJUAN

Tujuan pembuatan makalah ini adalah:

  1. Untuk mengetahui latar belakang adanya e-commerce.
  2. Untuk mengetahui pokok-pokok permasalahan e-commerce.
  3. Untuk mengetahui persoalan yang ada dalam akses pasar di internet.
  4. Untuk mengetahui kebijakan-kebijakan yang ada di e-commerce.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1         LATAR BELAKANG E-COMMERCE

Perkembangan perdagangan elektronik (e-commerce) di dunia dimulai dari kemunculan internet. Teknologi internet mempunyai efek besar pada perdagangan global dalam hal layanan (service). Perdagangan dunia yang meliputi perangkat lunak komputer, produk hiburan (seperti film, video, permainan, rekaman suara), layanan informasi (seperti database, koran-koran yang online), informasi teknik, lisensi produk, layanan finansial, dan layanan tenaga ahli (seperti konsultasi bisnis atau teknik, jasa akuntan, rancangan arsitektur, nasihat hukum, layanan perjalanan, dll) tumbuh secara cepat dalam sepuluh tahun terakhir ini. Perkembangan pemakaian internet menciptakan paradigma baru dalam dunia bisnis berupa ‚Äėdigital marketing‚Äô melalui kemunculan e-commerce.

E-commerce merupakan konsep dari pemasaran global di dunia online yang digambarkan sebagai proses penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi database, e-mail, dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.

Hanya dari rumah konsumen dapat berbelanja beragam produk dari seluruh pengusaha pabrik dan seluruh pengecer di dunia adalah salah satu bentuk penggunaan e-commerce. Konsumen dapat melihat produk-produk tersebut pada layar komputer atau televisi, mengakses informasinya, dan membayangkan

apakah produk itu cocok satu sama lain (contohnya, dalam hal menata ruangan menggunakan furniture yang ditawarkan di komputer atau TV). Konsumen kemudian dapat memesan dan membayar pilihannya tersebut.

Karakteristik utama e-commerce adalah terjadinya transaksi antara kedua belah pihak, adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi, dan internet merupakan media utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

2.1.1      Sejarah Kemunculan E-Commerce

Penerapan perdagangan elektronik (e-commerce) bermula di awal tahun 1970-an dengan adanya inovasi semacam Electronic Fund Transfer (EFT). Saat itu penerapan sistem ini masih sangat terbatas pada perusahaan berskala besar dan lembaga keuangan saja. Kemudian penerapan sistem ini berkembang sehingga muncullah EDI (Electronic Data Interchange). Bermula dari transaksi keuangan ke pemrosesan transaksi lainnya menyebabkan perusahaan-perusahaan lain ikut serta, mulai dari lembaga-lembaga keuangan sampai ke manufacturing, ritel, jasa, dan lainnya. Kemudian terus berkembang aplikasi-aplikasi lain yang memiliki jangkauan dari trading saham sampai ke sistem reservasi perjalanan. Pada waktu itu sistem tersebut dikenal sebagai aplikasi telekomunikasi.

Awal tahun 1990-an komersialisasi di internet mulai berkembang pesat mencapai jutaan pelanggan, maka muncullah istilah baru electronic commerce atau lebih dikenal e-commerce. Riset center e-commerce di Texas University menganalisa 2000 perusahaan yang online di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-commerce, naik sampai 72% dari $99,8 Milyar menjadi $171,5 Milyar.

2.1.2      Alasan Penerapan E-Commerce

Banyak perusahaan telah berpindah ke e-commerce dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah kemudahan yang diberikan teknologi hingga menjadikan e-commerce sebagai alternatif perdagangan yang efisien dan efektif, baik dari segi waktu, tenaga dan biaya. Secara ringkas e-commerce mampu menangani masalah berikut :

  1. Otomatisasi, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.(‚Äėenerprise resource planning‚Äô concept)
  2. Integrasi, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. (‚Äėjust in time‚Äô concept)
  3. Publikasi, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan. (‚Äėelectronic cataloging‚Äô concept)
  4. Interaksi, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan ‚Äėhuman error‚Äô (‚Äėelectronic data interchange/EDI‚Äô concept)
  5. Transaksi, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran. (‚Äėelectronic payment‚Äô concept‚Äô)

Hal lain yang membuat e-commerce menjadi lahan prospek bagi para pelaku bisnis adalah status pengguna internet yang semakin hari semakin bertambah. Pengusaha wiraswasta dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Hal inilah yang dimaksud dengan peluang pasar baru bagi bisnis.

2.2                   POKOK PERMASALAHAN E-COMMERCE

Bidang-bidang yang membutuhkan kehadiran perjanjian internasional untuk melindungi internet sebagai media yang tidak mempunyai aturan, yaitu masalah keamanan, financial atau keuangan, masalah hukum, dan persoalan akses pasar.
2.2.1      Masalah Keuangan (Financial)

  1. a.                       Bea Cukai dan Perpajakan

Perpajakan di internet harus mengikuti prinsip-prinsip sebagai berikut:

  • Pajak harus tidak mengubah maupun menghalangi perdagangan.
  • Sistem tersebut harus sederhana dan transparan.
  • Sistem tersebut harus dapat menyesuaikan dengan sistem pajak yang sekarang digunakan oleh negara-negara yang telah menjalankannya beserta partner-partner internasionalnya.

Beberapa sistem perpajakan seperti ini harus menyempurnakan tujuan-tujuan dalam konteks karakteristik khusus internet, yaitu kekuatan pembeli dan penjual yang tanpa nama, kapasitas untuk beragam transaksi kecil, dan kesulitan-kesulitan dalam menghubungkan aktivitas online dengan lokasi yang sudah ditetapkan.

  1. b.                      Sistem Pembayaran Secara Elektronik (Electronic Money)

Teknologi baru telah memungkinkan kita untuk mengadakan pembayaran barang atau layanan melalui internet. Beberapa metode akan menghubungkan sistem perbankan elektronik dan sistem pembayaran, dengan menghubungkan satu dengan yang lainnya melalui internet termasuk juga jaringan kartu kredit dan kartu debit. Electronic money, yang didasarkan pada nilai-nilai yang tersimpan pada smart card, atau teknologi lain, juga masih dalam perkembangan, karena itu sangatlah sulit untuk mengembangkan kebijakan yang tepat pada waktunya dan tepat pada sasarannya.

2.2.2             Masalah Hukum

Beberapa permasalahan hukum yang muncul dalam bidang hukum dalam aktivitas e-commerce antara lain:

  1. Otentikasi subjek hukum yang membuat transaksi melalui internet
  2. Saat perjanjian berlaku dan memiliki kekuatan mengikat secara hukum
  3. Objek transaksi yang diperjualbelikan
  4. Mekanisme peralihan hak
  5. Hubungan hukum dan pertanggungjawaban para pihak yang terlibat dalam transaksi, baik penjual, pembeli, maupun para pendukung, seperti perbankan, Internet Service Provider (ISP), dan lain-lain
  6. Legalitas dokumen catatan elektronik serta tanda tangan digital sebagai alat bukti
  7. Mekanisme penyelesaian sengketa
  8. Pilihan hukum dan forum peradilan yang berwenang dalam penyelesaian sengketa

Dalam hal ini tidak dicantumkannya pilihan hukum dalam perjanjian e-commerce nya, ada beberapa teori yang berkembang untuk menentukan hukum mana yang digunakan atau berlaku, diantaranya:

  1. Mail Box Theory (Teori Kotak Pos)

Dalam hal transasaksi e-commerce, hukum yang berlaku adalah hukum dimana pembeli mengirimkan pesanannya melalui komputernya. Untuk itu diperlukan konfirmasi dari penjual. Jadi perjanjian atau kontrak terjadi pada saat jawaban yang berisikan penerimaan  tawaran tersebut dimasukkan ke dalam kotak pos.

  1. Acceptance Theory (Teori Penerimaan)

Hukum yang berlaku adalah hukum dimana pesan dari pihak yang menerima tawaran tersebut disampaikan. Jadi hukumnya si penjual.

  1. Paper Law Contract

Hukum yang berlaku adalah hukum yang paling sering digunakan saat membuat perjanjian. Misalnya, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia, mata uang yang dipakai dalam transaksinya adalah Rupiah, dan arbitrase yang dipakai menggunakan BANI, maka yang menjadi pilihan hukumnya adalah hukum Indonesia.

  1. The Most Characteristic Connection

Hukum yang dipakai adalah hukum pihak yang paling banyak melakukan prestasi.

Di AS, setiap pemerintahan negara bagian telah menggunakan Uniform Commercial Code (UCC), yaitu sebuah dokumen hukum dagang yang penting. Secara international, United Nations Commission on Internasional Trade Law (UNCITRAL) telah menyelesaikan tugasnya dalam membuat model hukum yang membantu penggunaan kontrak internasional pada e-commerce.

Model hukum ini menetapkan peraturan-peraturan dan norma-norma yang dapat mengesahkan dan mengenali kontrak-kontrak yang terjadi pada alat elektronik, menyusun peraturan-peraturan yang gagal untuk susunan kontrak, dan menentukan penampilan kontrak elektronis. Selain itu, model hukum ini juga menetapkan karakteristik tulisan-tulisan elektronis dan dokumen-dokumen asli yang valid, memberikan tanda tangan elektronis yang dapat diterima untuk melakukan perdagangan, serta mendukung pengakuan bukti-bukti dari komputer diproses pengadilan dan proses pengambilan keputusan.

 

2.2.3             Persoalan Akses Pasar

  1. a.                       Sarana Telekomunikasi dan Teknologi Informasi.

E-commerce global bergantung pada jaringan telekomunikasi yang modern, bersifat tidak berlapis dan global, juga bergantung pada penerapan komputer dan penerapan informasi yang dihubungkan dengan e-commerce.

Masalah yang dihadapi konsumen:

  1. Layanan telekomunikasi terlalu mahal.
  2. Bandwidth terlalu terbatas dan layanannya tidak banyak tersedia dan tidak dapat dipercaya.

 

  1. b.                      Isi (Content)

Ada empat bidang yang diprioritaskan, yaitu:

  1. peraturan mengenai isi
  2. quota isi asing
  3. peraturan periklanan
  4. peraturan untuk menghindari penipuan
  5. c.                       Standar Teknik

Untuk menjamin pertumbuhan e-commerce global di internet, standar-standar diperlukan dalam penjaminan kemampuan yang dapat dipercaya, interoperabilitas, pengurangan pemakaian, dan skalabilitas pada bidang-bidang
seperti:

  1. Pembayaran elektronis
  2. Keamanan
  3. Prasarana layanan keamanan
  4. Sistem manajemen copyright elektronis
  5. Pengkonversian video dan data
  6. Teknologi network yang high speed

 

2.3                   STRATEGI YANG TERKOORDINASI

Masalah dalam menentukan strategi e-commerce yang terbaik memiliki beberapa kemungkinan solusi. Namun strategi yang paling sering disebut-sebut adalah strategi di mana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem interorganisasional (interorganizational system‚ÄĒIOS). Istilah yang sering kali dipergunakan untuk IOS adalah EDI (electronic data interchange/pertukaran data elektronik) yaitu salah satu cara untuk mendapatkan suatu sistem interorganisasional. Kedua istilah diatas sering kali saling bertukar penggunaan, tetapi jika ditarik satu garis perbedaan, EDI dianggap sebagai subkumpulan dari suatu sistem interorganisasional.

  1. a.             Sistem Antar-Organisasi (Interorganizational System / IOS)

Adalah suatu kombinasi perusahaan yang terkait sehingga berfungsi sebagai suatu sistem tunggal yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.

  1. b.             Sistem EDI (Electronic Data Interchange)

Adalah pertukaran dokumen bisnis secara elektronik antar organisasi, aplikasi, dan komputer dengan menggunakan format standard yang dapat dibaca oleh mesin. Format standard yang telah umum dipakai adalah UN/EDIFACT, ANSI X12, XML.

 

2.4                   KEBIJAKAN InterNIC

InterNIC adalah organisasi independen yang dimiliki pemerintah Amerika Serikat dan dioperasikan berdasarkan kontrak dengan  NSI atau Network Solution Inc. yang bertanggung jawab terhadap pendaftaran dan jalannya dari nama domain internet umum (.com, .org, .net, dll). Kebijakan InterNIC berkenaan dengan perselisihan yang muncul dari registrasi nama domain pada domain-domain .com, .net, .gov, .edu, dan .org.

Untuk mendaftarkan sebuah domain name melalui NSI, seseorang cukup membuka situs interNIC dan mengisi sejumah form. InterNIC akan melayani para pendaftar berdasarkan prinsip ‚Äėfirst come first served‚Äô. InterNIC tidak akan memverifikasi mengenai hak pendaftar untuk memilih satu nama tertentu, tetapi pendaftar harus menyetujui ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam NSI domain name dispute resolution policy. Berdasarkan ketentuan tersebut, NSI akan menangguhkan pemakaian sebuah domain name yang diklaim oleh salah satu pihak yang telah memakai merk dagang yang sudah terkenal.

 

2.5                   TINJAUAN HUKUM SISTEM NAME DOMAIN DI INTERNET

Domain name secara sederhana dapat diumpamakan seperti nomor telepon atau sebuah alamat. Hal yang paling penting di dalam masalah domain name adalah banyaknya masalah hukum yang timbul di dalam penentuan domain name pada suatu perusahaan yang mulai masuk ke sistem perdagangan e-commerce. Tindakan mencari keuntungan dengan menyerobot nama domain yang dituju oleh pihak lain dalam dunia internet disebut dengan cybersquating.

2.5.1      Domain Name

  • Eksistensinya adalah sebagai alamat dan nama dalam sistem jaringan
    komputerisasi dan telekomunikasi.
  • Lebih bersifat sebagai amanat yang diberikan oleh masyarakat hukum pengguna internet dibanding sebagai suatu property.
  • Asasnya adalah berlaku first come first served.
  • Tidak adanya pemeriksaan substantif.
  • Sepanjang tidak dapat dibuktikan beritikad tidak baik, maka perolehan nama domain bukanlah tindak pidana.

Contoh domain name untuk Monash University Law School Australia adalah law.monash.edu.au. Domain name dibaca dari kanan ke kiri yang menunjukkan tingkat spesifikasinya, dari yang paling umum ke yang paling khusus.

Untuk contoh di atas, ‚Äėau‚Äô menunjukkan kepada¬† Australia sebagai geographical region sedangkan ‚Äėedu‚Äô sebagai Top Level Domain name (TLD) yang menjelaskan tujuan dari institusi tersebut. Elemen selanjutnya adalah ‚Äėmonash‚Äô yang merupakan The Second Level Domain name (SLD) yang dipilih oleh pendaftar domain name, sedangkan elemen terakhir ‚Äėlaw‚Äô adalah subdomain dari ‚Äėmonash‚Äô. Gabungan dari SLD dan TLD dengan berbagai pilihan subdomain disebut domain name.

 

2.5.2      Aspek Hukum dalam Domain Name

Penggunaan domain name yang dilarang jika dengan maksud:

  • Itikad buruk (the bad faith)
  • Menyalahgunakan (abusive)
  • Menyesatkan (misleading)
  • Penggunaan yang tidak fair (unfair use)

Faktor hukum yang menimbulkan konflik:

  • Perselisihan muncul jika pihak ketiga secara sengaja mendaftarkan sebuah domain name yang menurutnya akan banyak diminati orang lain. Contoh: Windows95.com (motif mencari keuntungan)
  • Perselisihan muncul jika pihak ketiga mendaftarkan sebuah domain name yang sama atau mirip dengan merek orang lain dengan maksud digunakan sendiri oleh si pendaftar (misleading terhadap konsumen)
  • Pendaftaran domain name dilakukan pihak ketiga berdasar merek yang dimilikinya dan tanpa disadari memiliki kesamaan merek dengan perusahaan lain, tetapi dalam kategori barang dan jasa yang berbeda. (tidak dimaksudkan untuk merugikan orang lain)
  • Untuk maksud penggunaan domain name seperti:
    • Nama personal
    • Nama organisasi internasional atau antar pemerintah
    • Indikasi geografis atau nama asal
    • Merek dagang

BAB III

PENUTUP

3.1         KESIMPULAN

Perdagangan Elektronik (E-Commerce) merupakan konsep dari pemasaran global yang di gambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada dunia online atau pertukaran informasi melalui jaringan informasi internet.

Pada akhirnya, prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh dalam mencermati perkembangan teknologi semacam e-commerce, antara lain:

  1. E-Commerce tidak dapat dilepaskan dari kerangka besar globalisasi dunia, yang bertujuan untuk melakukan efisiensi pasar; dengan dibukanya batasan-batasan wilayah, maka aliran informasi, uang, dan sumber daya lainnya akan terjadi secara bebas sehingga hanya perusahaan-perusahaan yang dapat menciptakan produk atau jasa yang termurah, terbaik, dan tercepatlah yang akan memiliki keunggulan kompetitif di pasar.
  2. E-Commerce akan secara efektif menjadi pemicu terjadinya efisiensi yang diinginkan di atas jika konvergensi industri komputer, telekomunikasi, dan informasi (content) di masing-masing negara telah mencapai tahap optimum (dimana produk-produk infrastruktur semacam pulsa telepon dan listrik telah menjadi public goods).
  3. E-Commerce hanyalah merupakan komponen sebuah sistem yang dinamakan sebagai komunitas digital (digital community), yang merupakan generasi masyarakat baru di abad ke 21 (net generation) dimana teknologi informasi telah menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia pada umumnya.

Dengan adanya internet, e-commerce menjadi suatu hal yang penting karena dimungkinkan membangun suatu infrastruktur dan model ekonomi baru yang mengaburkan batas-batas negara, institusional, birokrasi dan sistem untuk siapa saja.

3.2                   SARAN

Pemerintah dapat memiliki pengaruh besar pada pertumbuhan perdagangan di internet. Dengan tindakan-tindakannya, mereka dapat mempermudah maupun menghambat e-commerce. Dengan mengetahui kapan harus bertindak dan tidak, kehadiran pemerintah sangatlah penting bagi perkembangan e-commerce. Pandangan ini sejalan dengan pandangan pemerintahan yang setuju bahwa munculnya GII sebagai marketplace global yang berperan dalam pemberian serangkaian dasar dan kebijakan internasional agar pertumbuhan perdagangan di internet dapat menjadi mudah.

Selain dipandang dari sudut campur tangan pemerintah, masyarakat pun harus menyiapkan pembelajaran bagi dirinya sendiri dalam hal teknologi. Penguasaan teknologi yang didukung oleh kreativitas dan kejelian melihat situasi saat ini juga sangat membantu perkembangan konsep perdagangan elektronik atau digital.

DAFTAR PUSTAKA

 

http://id.wikipedia.org/wiki/E-commerce

http://vincentius88.blogspot.com/2009/12/kerangka-e-commerce-global.html

http://wahyusajati.blogspot.com/2009/12/sejarah-e-commerce.html

http://yahuuu.wordpress.com/2010/12/22/latar-belakang-e-commerce/

http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:tYj27IluS1UJ:broad.web.id/faq.php%3Fq_id%3D3+interNIC+adalah&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id

http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:YPaSD15yJ88J:www.mediahostnet.com/v2/index.php%3Finc%3Dmanual%26p%3Dchapter1/domains.html+interNIC+adalah&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id

http://syamironaldo.blogspot.com/2010/02/e-commerce.html

http://ibnmalik.net/8-situs-e-commerce-terbesar-di-indonesia/

Tinggalkan komentar »

Kamu Dipilih Karena Kamu Sanggup dan Layak!


Arthur Ashe adalah petenis hitam dari amerika yg pertama kali merebut gelar grandslam. Gelar yg di menangkan US open( 1968), Australia open (1970) dan wimbledon (1975). Pada tahun 1979 ia terkena serangan jantung yg mengharuskannya menjalani operasi by pass.

Setelah 2 kali operasi, bukannya sembuh ia malah harus mengalami kenyataan pahit, terinfeksi Virus HIV melalui tranfusi darah yg ia terima. Seorang penggemarnya menulis surat kepadanya, “Mengapa Tuhan memilihmu untuk menderita penyakit itu?”

Arthur menjawab: “Di dunia ini ada 50 juta anak yg ingin bermain tenis, diantaranya:

* 5 juta orang yg bisa belajar bermain tenis

* 500 ribu orang belajar menjadi pemain tenis profesional

* 50 ribu orang datang ke arena untuk bertanding

* 5000 orang mencapai turnamen Grand Slam

* 50 orang berhasil sampai ke Wimbledon

* 4 orang di semifinal

* 2 orang di final

Dan ketika saya mengangkat trofi Wimbledon, saya tidak pernah bertanya kepada Tuhan, “Mengapa saya yang menjadi juara?” Jadi ketika saya dalam kesakitan, tidak seharusnya juga saya bertanya kepada Tuhan “Mengapa saya?”

Sadar atau tidak, kerap kali kita merasa hanya pantas menerima hal hal baik dalam hidup ini; kesuksesan, karir yang mulus, kesehatan. Ketika yang kita hadapi justru sebaliknya; penyakit, kesulitan, kegagalan, kita menganggap Tuhan tidak adil sehingga kita merasa berhak untuk menggugat Tuhan.

Ketahuilah, Tuhan tidak pernah salah. Bukankah kita tahu bahwa Ia satu-satunya yang paling sempurna? Ya, kalau begitu Ia tidak pernah salah. Apapun yang kita alami saat ini, kemarin, atau bahkan esok hari adalah rancangan kasihNya. Ya, rancangan kasihNya dalam kehidupan kita.

Alangkah indahnya jika kita bisa menerima dengan berlapang dada segala kekecewaan sama seperti kita menerima kebahagiaan. Berusalah untuk tidak terlalu sering bertanya, ‚Äúkenapa, Tuhan?‚ÄĚ tapi justru menggantinya dengan ‚ÄúYa, Tuhan. Aku menerima semuanya.‚ÄĚ

Referensi cerita: http://nomor1.com/1492118156/Mengapa-Saya.htm

Tinggalkan komentar »

Belajarlah untuk Selalu Mengucap Syukur


Begitu memasuki mobil mewahnya, seorang direktur bertanya pada supir pribadinya, “Bagaimana kira-kira cuaca hari ini?” Si supir menjawab, “Cuaca hari ini adalah cuaca yang saya sukai”. Merasa penasaran dengan jawaban tersebut, direktur ini bertanya lagi, “Bagaimana kamu bisa begitu yakin?” Supirnya menjawab, “Begini, pak, saya sudah belajar bahwa saya tak selalu mendapatkan apa yang saya sukai, karena itu saya selalu menyukai apapun yang saya dapatkan.”

Jawaban singkat tadi merupakan wujud perasaan syukur. Syukur merupakan kualitas hati yang terpenting. Dengan bersyukur kita akan senantiasa diliputi rasa damai, tenteram, dan bahagia. Sebaliknya, perasaan tak bersyukur akan senantiasa membebani kita. Kita akan selalu merasa kurang dan tak bahagia.

Ada dua hal yang sering membuat kita tak bersyukur.

Pertama, kita sering memfokuskan diri pada apa yang kita inginkan, bukan pada apa yang kita miliki. Katakanlah Anda sudah memiliki sebuah rumah, kendaraan, pekerjaan tetap, dan pasangan yang baik. Tapi Anda masih merasa kurang. Pikiran Anda dipenuhi berbagai target dan keinginan. Anda begitu terobsesi oleh rumah yang besar dan indah, mobil mewah, serta pekerjaan yang mendatangkan lebih banyak uang. Kita ingin ini dan itu. Bila tak mendapatkannya kita terus memikirkannya. Tapi anehnya, walaupun sudah mendapatkannya, kita hanya menikmati kesenangan sesaat. Kita tetap tak puas, kita ingin yang lebih lagi. Jadi, betapapun banyaknya harta yang kita miliki, kita tak pernah menjadi “kaya” dalam arti yang sesungguhnya.

Mari kita luruskan pengertian kita mengenai orang “kaya”. Orang yang “kaya” bukanlah orang yang memiliki banyak hal, tetapi orang yang dapat menikmati apapun yang mereka miliki. Tentunya boleh-boleh saja kita memiliki keinginan, tapi kita perlu menyadari bahwa inilah akar perasaan tak tenteram. Kita dapat mengubah perasaan ini dengan berfokus pada apa yang sudah kita miliki. Cobalah lihat keadaan di sekeliling Anda, pikirkan yang Anda miliki, dan syukurilah. Anda akan merasakan nikmatnya hidup.

Pusatkanlah perhatian Anda pada sifat-sifat baik atasan, pasangan, dan orang-orang di sekitar Anda. Mereka akan menjadi lebih menyenangkan. Seorang pengarang pernah mengatakan, “Menikahlah dengan orang yang Anda cintai, setelah itu cintailah orang yang Anda nikahi.” Ini perwujudan rasa syukur.

Ada cerita menarik mengenai seorang kakek yang mengeluh karena tak dapat membeli sepatu, padahal sepatunya sudah lama rusak. Suatu sore ia melihat seseorang yang tak mempunyai kaki, tapi tetap ceria. Saat itu juga si kakek berhenti mengeluh dan mulai bersyukur.

Hal kedua yang sering membuat kita tak bersyukur adalah kecenderungan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Kita merasa orang lain lebih beruntung. Kemana pun kita pergi, selalu ada orang yang lebih pandai, lebih tampan, lebih cantik, lebih percaya diri, dan lebih kaya dari kita.

Saya ingat, pertama kali bekerja saya senantiasa membandingkan penghasilan saya dengan rekan-rekan semasa kuliah. Perasaan ini membuat saya resah dan gelisah. Sebagai mantan mahasiswa teladan di kampus, saya merasa gelisah setiap mengetahui ada kawan satu angkatan yang memperoleh penghasilan di atas saya. Nyatanya, selalu saja ada kawan yang penghasilannya melebihi saya.

Saya menjadi gemar berganta-ganti pekerjaan, hanya untuk mengimbangi rekan-rekan saya. Saya bahkan tak peduli dengan jenis pekerjaannya, yang penting gajinya lebih besar. Sampai akhirnya saya sadar bahwa hal ini tak akan pernah ada habisnya. Saya berubah dan mulai mensyukuri apa yang saya dapatkan. Kini saya sangat menikmati pekerjaan saya.

Rumput tetangga memang sering kelihatan lebih hijau dari rumput di pekarangan sendiri. Ada cerita menarik mengenai dua pasien rumah sakit jiwa. Pasien pertama sedang duduk termenung sambil menggumam, “Lulu, Lulu.” Seorang pengunjung yang keheranan menanyakan masalah yang dihadapi orang ini. Si dokter menjawab, “Orang ini jadi gila setelah cintanya ditolak oleh Lulu.” Si pengunjung manggut-manggut, tapi begitu lewat sel lain ia terkejut melihat penghuninya terus menerus memukulkan kepalanya di tembok dan berteriak, “Lulu, Lulu”. “Orang ini juga punya masalah dengan Lulu?” tanyanya keheranan. Dokter kemudian menjawab, “Ya, dialah yang akhirnya menikah dengan Lulu.”

Hidup akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kita miliki. Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi. Saya ingin mengakhiri tulisan ini dengan cerita mengenai seorang ibu yang sedang terapung di laut karena kapalnya karam, namun tetap berbahagia. Ketika ditanya kenapa demikian, ia menjawab, “Saya mempunyai dua anak laki-laki. Yang pertama sudah meninggal, yang kedua hidup di tanah seberang. Kalau berhasil selamat, saya sangat bahagia karena dapat berjumpa dengan anak kedua saya. Tetapi kalaupun mati tenggelam, saya juga akan berbahagia karena saya akan berjumpa dengan anak pertama saya di surga.”

Referensi cerita dari http://nomor1.com/1492118156/Bersyukur-Setiap-Waktu-Atas-Segala-Hal.htm

Tinggalkan komentar »

Sejarah Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

 Sejarah asal mula bahasa inggris sangatlah panjang untuk menjadi bahasa Internasional. bahkan bahasa ini menjadi kurikulum wajib bagi seluruh dasar dan menengah di seluruh belahan Dunia dan menjadi bahasa yang paling banyak dipakai oleh manusia sepanjang peradaban manusia.

Asal mula Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik Barat, yang berasal dari Inggris. Bahasa ini merupakan kombinasi antara beberapa bahasa lokal yang dipakai oleh orang-orang Norwegia, Denmark, dan Anglo-Saxon dari abad ke-6 sampai 10. Lalu pada tahun 1066 dengan ditaklukkan Inggris oleh William the Conquer or, sang penakluk dari Normandia, Perancis Utara, maka bahasa Inggris dengan sangat intensif mulai dipengaruhi bahasa Latin dan bahasa Perancis. Dari seluruh kosakata bahasa Inggris modern, diperkirakan ¬Ī50% berasal dari bahasa Perancis dan Latin.

Bahasa Inggris tergolong rumpun bahasa Jermanik, dan terutama dari cabang Jermanik Barat. Kerabat terdekatnya adalah bahasa Friesland. Selain itu bahasa Belanda (termasuk pula bahasa-bahasa Jerman hilir lainnya) juga masih dekat. Bahasa Jerman (Bahasa Jerman hulu) agak lebih jauh lagi. Tetapi dari semua bahasa Jermanik, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling lain secara tatabahasa dan kosakata. Kosakata bahasa Inggris banyak dipengaruhi oleh bahasa Perancis, yang masuk melalui penaklukan bangsa Norman dan belakangan melalui penggunaan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi selama beberapa abad di lingkungan pemerintahan.

Bahasa Inggris adalah bahasa pertama di Amerika Serikat, Antigua dan Ba rbuda, Australia, Bahama, Barbados, Bermuda, Britania Raya, Guyana, Jamaika, Saint Kitts dan Nevis, Selandia Baru dan Trinidad dan Tobago.

Selain itu bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa resmi di organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Komite Olimpiade Internasional, serta bahasa resmi di berbagai negara, seperti di Afrika Selatan, Belize, Filipina, Hong Kong, Irlandia, Kanada, Nigeria, Singapura, dan lainnya. Di dunia bahasa Inggris merupakan bahasa kedua pertama yang dipelajari.

Bahasa Inggris bisa menyebar karena pengaruh politik dan imperialisme Inggris dan selanjutnya Britania Raya di dunia. Salah satu pepatah Inggris zaman dahulu mengenai kerajaan Inggris yang disebut Imperium Britania (British Empire) adalah tempat “Matahari yang tidak pernah terbenam” (“where the sun never sets”).

Tata bahasa Inggris memiliki variasi dalam struktur dan penggunaannya, itu tergantung tradisi y ang digunakan oleh suatu negara yang dipengaruhi oleh bahasa asli dari negara tersebut. Secara umum, tata bahasa yang dipedomani adalah tata bahasa Inggris Amerika dan Inggris Britania Raya (British).

Sumber lain menyebutkan empat alasan bahasa Inggris menjadi bahasa internasional.

  1. Negara Inggris merupakan negara yang maju.
  2. Negara Inggris adalah negara yg paling banyak jajahannya di seluruh dunia.

Logikanya: karena banyak menjajah, tentu saja penjajah yang dari inggris akan bicara dengan bahasa   inggris di negara jajahannya. Dan akhirnya bahasa inggris menyebar ke berbagai belahan dunia.

  1. Bahasa inggris merupakan bahasa yang memiliki tata bahasa yangg lengkap dan rapi jadi mudah untuk dipelajari.
  2. Orang-orang Inggris suka berpergian ke luar negeri.

Referensi:

http://duhfan.blogspot.com/2012/01/sejarah-bahasa-inggris-menjadi-bahasa.html

http://saepulisme.blogspot.com/p/4-alasan-bahasa-inggris-menjadi-bahasa.html

2 Komentar »