de' bhora's blog

tell the world what you want to..

Kedinamisan Layanan 24 Jam Mandiri Call yang Memberi Kemudahan bagi Nasabah

pada November 15, 2010

Secara umum produk perbankan terbagi menjadi tiga, yaitu funding (produk yang berkaitan dengan pendanaan), landing, serta jasa. Jasa bank adalah semua aktivitas bank, baik yang secara langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan tugas dan fungsi bank sebagai lembaga intermediasi (lembaga yang memperlancar terjadinya transaksi perdagangan), sebagai lembaga yang memperlancar peredaran uang, serta sebagi lembaga yang memberikan jaminan kepada nasabahnya.

Dalam kegiatan perbankannya, Bank Mandiri menyediakan jasa berupa layanan 24 jam yang terdiri dari empat jenis layanan, yaitu mandiri internet, mandiri sms, mandiri atm, dan mandiri call.  Mandiri Call merupakan layanan perbankan 24 jam melalui telepon atau ponsel yang membuat nasabah semakin dekat dengan rekeningnya dan dapat mengatur keuangan lebih leluasa tanpa batasan ruang dan waktu.

Banyak hal yang dapat dilakukan dengan Mandiri Call, yaitu:

  1. Transfer dana.
  2. Pembukaan deposito dan rekening mandiri tabungan rencana.
  3. pembayaran Telkom, PLN, PAM, HP, kartu kredit, televisi berlangganan, tiket pesawat dan kereta api, cicilan kredit, asuransi, pendidikan, internet berlangganan dan zakat.
  4. Pembelian isi ulang pulsa GSM dan CDMA.
  5. Informasi perbankan: info saldo, mutasi rekening, info kurs, dan suku bunga.
  6. Layanan faksimili untuk memperoleh informasi secara tertulis seperti bukti transaksi/ rekening Koran, info layanan dan info produk.

Untuk memperoleh layanan mandiri call, seseorang harus memenuhi beberapa syarat di bawah ini, yaitu:

  1. Pemegang rekening mandiri tabungan, mandiri tabungan bisnis, atau mandiri giro.
  2. Terdaftar sebagai pengguna mandiri call. Pendaftaran dapat dilakukan melalui cabang terdekat atau mandiri atm dan membuat 6 digit PIN mandiri call melalui mandiri atm.
  3. melakukan aktivasi financial di cabang terdekat agar dapat bertransaksi finansial, seperti transfer, pembayaran, dan pembelian.

Syarat Pendaftaran Mandiri Call:

  1. a. Melalui Cabang
    1. Nasabah mengisi dan menandatangani formulir aplikasi Mandiri Call yang diperoleh di Cabang atau situs Internet Bank Mandiri (www.bankmandiri.co.id).

2.  Menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan pemegang rekening.

3.  Setiap perorangan pemegang rekening gabungan, masing-masing harus mengisi formulir aplikasi Mandiri Call dan memperoleh User ID (nomor kartu) dan PIN Mandiri Call yang berbeda.

4.  Nasabah telah membaca, memahami dan menandatangani syarat dan ketentuan Mandiri Call.

  1. b. Melalui ATM
    1. Nasabah memiliki kartu ATM Mandiri dan menggunakan Kartu ATM miliknya untuk melakukan pendaftaran Mandiri Call.

2.  Masukkan Kartu Mandiri Debit → Pilih Bahasa yang akan digunakan → Masukkan PIN kartu Mandiri Debit → Pada Menu Utama pilih “Pendaftaran E-Banking” → Pilih “ Call Center” → Pilih “Pendaftaran Awal” → Pilih “Setuju” atas syarat dan ketentuan → Masukkan 6 (enam) digit angka (sebagai PIN Phone Banking) → Masukkan kembali PIN (untuk konfirmasi) → Akan muncul pesan : “ Pendaftaran Mandiri Call Anda Telah Berhasil Dilakukan”

Petunjuk penggunaan mandiri call:

Setelah terdaftar sebagai pengguna layanan mandiri call serta telah melakukan aktivasi layanan transaksi finansial, nasabah  dapat mengakses berbagai fitur transaksi perbankan yang tersedia dengan cara sbb:

  1. Hubungi mandiri call 14000 melalui telepon atau ponsel.
  2. Mesin penjawab (Interactive Voice Response – IVR) akan mengucapkan salam dan menawarkan pilihan bahasa.
  3. Nasabah diminta memasukkan 16 digit nomor kartusekaligus PIN mandiri call.
  4. IVR akan menginformasikan saldo rekening nasabah kemudian menawarkan pilihan kelompok jenis layanan.
No. Transaksi Limit per hari
1. Transfer antar rekening sendiri Rp 10.000.000
2. Transfer ke rekening lain di Bank Mandiri Rp 10.000.000
3. Pembayaran Rp 10.000.000
4. Pembelian / isi ulang pulsa Rp 10.000.000

Dalam menggunakan mandiri call, nasabah tidak perlu khawatir akan keamanan karena setiap transaksi yang diinstruksikan tidak akan diproses tanpa konfirmasi dan persetujuan nasabah dan setiap transaksi akan diberikan nomor referensi yang digunakan apabila ada pertanyaan atau terjadi suatu masalah yang berhubungan dengan transaksi tersebut.

Review:

Layanan jasa perbankan Mandiri Call yang disediakan oleh Bank Mandiri adalah salah satu produk perbankan yang rasanya cukup tepat untuk saat ini. Mengapa? Mandiri Call merupakan layanan yang memanfaatkan telepon atau ponsel sebagai sarana utama dalam bertransaksi. Sebagian besar masyrakat saat ini sudah memiliki telepon atau ponsel, bahkan hal itu seolah tak bisa dipisahkan lagi. Oleh karena itu dengan adanya layanan transaksi via telepon jelas mempermudah nasabah.

Layanan phone banking memang bukan hanya ditawarkan oleh Bank Mandiri, namun demikian dalam hal ini saya tidak akan membandingkan layanan serupa dengan bank lain. Deskripsi di atas yang memaparkan mengenai penggunaan dan manfaat layanan mandiri call jelas memperlihatkan kemudahan transaksi phone banking.

Ada beberapa hal yang menarik bagi saya, yang pertama adalah berkaitan dengan cara pendaftaran mandiri call. Selain melalui cabang terdekat, mandiri call hanya dapat didaftarkan melalui ATM. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal ini mengindikasikan bahwa pengguna mandiri call hanya nasabah yang memiliki kartu mandiri (ATM). Bagaimana dengan nasabah tak berkartu mandiri yang juga ingin menikmati fasilitas mandiri call? Ya, memang saat ini dapat dikatakan hampir semua nasabah bank pasti memiliki kartu ATM, namun bila dipersentasekan akan terlihat nasabah tak berkartu ATM, meski jumlahnya sedikit.

Kedua, ada banyak fitur yang disediakan oleh mandiri call dan dapat dikatakan semuanya membantu nasabah dalam transaksi, misalnya untuk pembayaran rutin, seperti PLN, PAM, Telkom, dll. Tanpa perlu dating ke tempat pembayaran yang berbeda-beda, nasabah dapat memenuhi kewajibannya hanya dengan satu cara. Pertanyaannya adalah meski telah menawarkan banyak kemudahan, mengapa masih banyak nasabah yang melakukan pembayaran tagihan listrik ke PLN, air ke PAM, dan telepon ke Telkom? Ada beberapa kemungkinan jawaban, yaitu kurangnya pemahaman nasabah terhadap fasilitas yang disediakan, kurangnya sosialisasi bank ke nasabah mengenai produk dan fasilitasnya, nasabah merasa fasilitas tersebut sulit dan rumit, serta kurangnya kepercayaan nasabah terhadap fasilitas pembayaran yang dilakukan hanya melalui telepon.

Untuk meningkatkan minat nasabah terhadap layanan jasa mandiri call, Bank Mandiri perlu melakukan sosialisasi yang lebih luas dan komunikatif sehingga dapat dipahami oleh nasabah. Bila hal tersebut telah tercapai maka bukan hal yang tidak mungkin untuk menarik semua nasabah untuk memanfaatkan layanan 24 jam Mandiri call karena ketidakpahaman, ketidakpercayaan, dan kekhawatiran telah tertutupi oleh penjelasan rinci dari pihak bank.

Perlu ditekankan dalam hal ini saya bukan bermaksud untuk mengkritik atau membuat nama dan citra Bank terkait di atas  menjadi buruk . Saya hanya memberikan pendapat dan menuangkan apa yang terlihat di kaca mata saya sebagai masyarakat dan nasabah Bank Mandiri, lebih khususnya. Semoga bermanfaat🙂

Referensi:

http://www.bankmandiri.co.id/article/call-fitur-dan-menulayanan.asp

http://www.bankmandiri.co.id/article/call-syarat-dan-ketentuan.asp

http://www.bankmandiri.co.id/article/faq-cm.aspx

http://www.bankmandiri.co.id/article/047537431477.asp


One response to “Kedinamisan Layanan 24 Jam Mandiri Call yang Memberi Kemudahan bagi Nasabah

  1. julang mengatakan:

    ah….. PARAH !, nelpon ke mandiri call menghabiskan waktu. semua staff sibuk, nelpon udah kayak ikut kuis aja, nasib nasipan. apa kurang staff untuk melayani pelanggan. PARAH… habisin waktu, pulsa, kalah sama bank BNI yg saat itu jg saya gunakan callcenternya. KECEWA nggak sesuai ama beritanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: