de' bhora's blog

tell the world what you want to..

AYO, BUDAYAKAN MEMBACA

pada November 11, 2011

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh UNESCO, Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan minat membaca masyarakatnya yang rendah di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Fakta memprihatinkan lainnya datang dari data BPS yang dikeluarkan pada tahun 2006 bahwa orang lebih memilih menonton TV (85,9%) dan/atau mendengarkan radio (40,3%) daripada membaca koran (23,5%) (www.bps.go.id). Satu yang  paling menyedihkan adalah hasil riset yang dilakukan oleh International Association for Evaluation of Educational (IAE) pada tahun 1992 tentang kemampuan membaca murid-murid sekolah dasar (SD) kelas IV 30 negara di dunia yang menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan ke-29. Sungguh ironis!

Hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya terjadi sebagai dampak dari kurangnya sarana dan prasarana penunjang kegiatan membaca di sekolah, kurangnya teladan membaca, dan tidak terbiasanya masyarakat dengan aktivitas membaca. Padahal dengan membaca wawasan kita semakin luas dan hidup perlahan berangsur maju.

Untuk memperbaiki keadaan ini diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Orang tua berperan dalam pembentukan karakter dan kebiasaan anak. Perkenalkan anak Anda pada kegiatan membaca, khususnya di usia 0-2 tahun karena pada usia itulah perkembangan otak sangat pesat dan reseptif (mudah menyerap). Bawa anak Anda ke taman bacaan di hari lubur atau waktu senggang sehingga perlahan hal itu akan menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Bukan hanya itu, berikan teladan membaca bagi anak Anda. Jadi Anda pun dituntut untuk melepaskan diri dari ‘malas membaca’ bila memang Anda tergolong ke kelompok tersebut. Ajak dan ajar orang di sekitar Anda untuk menanamkan kebiasaan membaca karena membaca adalah kunci ilmu dan buku adalah gudang ilmu.

Referensi:

http://writingsdy.wordpress.com/2007/06/01/mengatasi-rendahnya-minat-baca-di-indonesia/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: