de' bhora's blog

tell the world what you want to..

FOTOKOPI YANG RAMAH LINGKUNGAN

pada November 11, 2011

Ditinjau dari katanya, fotokopi berarti menggandakan dengan megandalkan mesin yang menggunakan cahaya (photo: cahaya, copy: menyalin atau menggandakan). Di zaman modern ini dunia pendidikan, perkantoran , dan lainnya dimudahkan dengan keberadaan mesin foto kopi yang sangat membantu penggandaan dokumen-dokumen berbentuk kertas. Mesin ciptaan Chester Flood Carlson itu sudah bukan barang baru dan asing lagi di kalangan masyarakat kita. Dengan adanya teknologi fotokopi, kita tidak perlu menyalin berulang kali dokumen yang kita perlukan.

Untuk menjalankan atau mengoperasikan mesin fotokopi dibutuhkan aliran listrik dan untuk mengeluarkan hasil salinan dokumen dibutuhkan kertas. Tahukah Anda bahwa sebenarnya penggunaan teknologi fotokopi yang kurang bijak bisa menyebabkan kerugian besar? Ya, hal itu bisa menjadi kerugian karena terkadang kita hampir melupakan dari mana asal kertas yang kita gunakan itu? Kertas dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp (bahan pembuat bubur kertas). Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Jadi, semakin banyak kertas yang kita gunakan, semakin banyak pula kayu yang dikorbankan untuk menghasilkan kertas.

Ada beberapa cara untuk menciptakan teknologi fotokopi yang ramah lingkungan, misalnya dengan memfotokopi dokumen dengan ‘bolak-balik’ atau timbal balik. Dengan begitu satu lembar kertas dapat digunakan dengan maksimal karena kedua sisi kertas terpakai. Hal ini jelas akan mengurangi jumlah lembar kertas yang diperlukan. Cara lainnya mungkin dengan memanfaatkan kertas buram. Kertas buram adalah hasil olahan (daur ulang) sampah kertas yang tidak terpakai lagi. Dibandingkan dari penampilan dan kualitasnya, sudah jelas bahwa kertas buram kurang diminati karena warnanya yang buram dan seratnya yang kasar. Namun demi mengurangi pembuatan kertas berserat halus yang mengandalkan kayu kita, bukan hal yang salah jika menggunakan kertas buram untuk menggandakan dokumen, apalagi dalam jumlah yang besar.

Meski tidak berkaitan langsung dengan penggandaan dokumen, hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengumpulkan kertas-kertas tak terpakai untuk kemudian didaur ulang dan menghasilkan kertas buram. Lingkungan berkurang dari sampah dan kertas buram inilah yang selanjutnya akan dimanfaatkan untuk hasil fotokopi.

Demi menciptakan fotokopi yang ramah lingkungan, usahakan tidak selalu mengandalkan teknologi fotokopi, artinya jika dokumen yang Anda ingin gandakan/salin tidak terlalu banyak, gerakkan tangan dan jemari Anda di atas buku dan salinlah secara manual. Dengan begitu daya listrik tidak terlalu banyak terpakai dan pohon-pohon kita tidak berkurang dalam jangka waktu yang terlalu cepat.


One response to “FOTOKOPI YANG RAMAH LINGKUNGAN

  1. permisi mba’ de’ bhora, kalo pake kertas buram mesin fotocopynya bisa ngejam terus and otomatis kertas yang terbuang semakin banyak tapi saya setuju bila untuk penggandaan dokumen tidak diperlukan gambar, hanya berupa tulisan saja maka ada baiknya ditulis aja. Kalo ada yang minat buka usaha fotocopy atau sewa mesin fotocopy buat kantor maka konsultasikan dengan saya. Bisa lihat ditoko saya di http://www.easyfotocopy.indonetwork.co.id, http://www.mamatmaulana.tokobagus.com, http://www.easyfotocopy.blogspot.com, bisa langsung hubungi saya di 081314625256, 02136158686.
    Kunjungi saya di easyfotocopy.blogspot ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: