de' bhora's blog

tell the world what you want to..

KETIKA PILIHANKU JATUH PADA WIRAUSAHA

pada November 11, 2011

Wirausaha berarti penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.

(Thomas W. Zimmerer)

 

Seorang wirausahawan harus cermat dalam mengamati keadaan serta memanfaatkan peluang yang ada. Orang yang bekerja di kantor atau perusahaan tidak selalu lebih sukses (dari segi finansial) dari pada seorang wirausahawan yang menjalankan kegiatannya hanya di sebuah ruko atau kios sederhana. Bahkan keadaan sebaliknya yang lebih sering terjadi, yaitu seorang wrausahawan yang cermat justru lebih mengantongi banyak keuntungan dari bisnis yang ia jalankan.

Wirausaha bukanlah kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh kaum dewasa yang sudah berpengalaman. Wirausaha bukanlah kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh mereka yang siap dalam modal yang besar dan wirausaha bukanlah wahana bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan. Wirausaha dapat dilakukan oleh siapa saja, baik tua maupun muda, baik bermodal kecil, sedang, maupun besar, dan wirausaha bukan dilakukan karena tidak memiliki pekerjaan, tetapi karena sadar akan peluang yang ada.

Wirausaha lebih baik dilakukan saat usia muda, saat dimana semangat dan kreativitas sangat tinggi. Gunakan waktu luang untuk hal-hal positif, seperti menjual pernak-pernik, makanan, pulsa, atau apa saja yang sekiranya sedang digandrungi dan menjadi primadona kala itu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berwirausaha:

–          Tidak perlu merasa malu karena apa yang Anda lakukan adalah sesuatu yang positif.

–          Jangan mudah putus asa ketika Anda mendapati kendala dalam menjalankan usaha Anda karena memang pada dasarnya segala sesuatu mengalami pasang surut. Justru di situlah kegigihan Anda dituntut.

–          Jangan terlalu cepat mengharapkan hasil yang besar, karena hasilnya datang perlahan dan bertahap.

–          Hindari rasa cepat puas

–          Selalu jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan usaha Anda

–          Dan yang terpenting, bila wirausaha ini merupakan sampingan bagi Anda, jangan sampai kegiatan prioritas Anda terganggu, sebagai contoh Anda adalah seorang mahasiswa atau pelajar yang berjualan. Ingat, Anda harus sekolah atau kuliah sambil berjualan , bukan berjualan sambil sekolah atau kuliah🙂

 

Selamat berwirausaha , semoga sukses !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: