de' bhora's blog

tell the world what you want to..

SEA GAMES 2011 HARUS MENJADI BATU LONCATAN BAGI INDONESIA, BUKAN SEKEDAR EUFORIA SESAAT BELAKA

pada Desember 20, 2011

Euforia diambil dari bahasa Inggris: “euphoria“, yang juga diadaptasi dari bahasa Yunani euphoros: “eu- + pherein” yang berarti perasaan akan kebahagiaan besar atau keadaan yang nyaman. Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia, euforia adalah perasaan gembira atau rasa nyaman yang berlebihan.

SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan sebelas negara Asia Tenggara. Peraturan pertandingan di SEA Games di bawah naungan Federasi Pesta Olahraga Asia Tenggara (Southeast Asian Games Federation) dengan pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Pada tanggal 11 sampai 22 November 2011 lalu Indonesia menjadi tuan rumah ajang pertandingan olah raga ini. Sea Games ke-26 yang mempertandingkan 44 cabang olah raga ini sekejap menjadi perbincangan hangat dan menyita banyak perhatian masyarakat, bahkan jauh-jauh hari sebelum dimulainya acara ini. Pendapat-pendapat masyarakat awam sampai tokoh publik bekaitan dengan penyelenggaraan perhelatan olah raga akbar ini pun ramai menghiasi media massa.

Seolah ‘perlahan tapi pasti’ para atlet Indonesia memberikan hasil memuaskan bagi negaranya. Euphoria pun mulai terasa kala Indonesia mengantongi medali emas pertama yang disumbangkan oleh atlet Eka Octarorianus atas keberhasilannya di pertandingan cabang olah raga dayung nomor kano C1 1.000 meter. Tidak berhenti di situ, kebahagiaan kian memuncak ketika melihat daftar perolehan medali sementara. Indonesia terus menempati posisi pertama dengan jumlah panenan medali yang disebut-sebut tidak terkejar lagi oleh negara mana pun.

Bahagiakah Indonesia? Tentu saja. Bahkan Indonesia seolah tengah merasakan euphoria hebat atas hasil-hasil memuaskan pada Sea Games kali ini. Tanpa disadari kita –bangsa Indonesia– seolah mendapatkan asupan nasionalisme yang sebelumnya memudar. Masyarakat dari semua lapisan seolah bersatu dan memiliki satu tekad yang sama demi kejayaan Indonesia yang sudah sangat lama dinantikan. Dua puluh tahun Indonesia merindukan dan menantikan kemenangan. Semua optimis, semua yakin bahwa itu akan terwujud.

Euphoria makin terasa pekat dengan kehadiran masyarakat yang sangat antusias untuk menyaksikan pertandingan untuk sekedar berteriak, membunyikan terompet, menyuarakan ‘INDONESIA! INDONESIA!’, dan melompat kegirangan bersama kala kemenangan itu datang. Nasionalisme terasa sangat kental atas itu semua. Betapa hebatnya sebuah ajang pertandingan olah raga yang mampu membius masyarakat untuk melupakan sejenak masalah yang tengah terjadi dan menjadi pemersatu bangsa.

Meski tidak mengantongi medali emas dari cabang olah raga yang paling diharapkan masyarakat –sepak bola–, hasil akhir yang menobatkan Indonesia sebagai pemenang Sea Games ke-26 menjadi angin sejuk di tengah ‘kegersangan’ negara ini. Semoga ini bukan menjadi hadiah terkahir bagi bangsa kita, namun justru sebagi batu loncatan untuk meraih prestasi yang kian baik. Saatnya Indonesia bangkit! Indonesia Bisa!

 

 

.Referensi:

http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/11/25/euphoria-sea-games-ke-xxvi-di-bumi-sriwijaya/

http://id.wikipedia.org/wiki/Pesta_Olahraga_Asia_Tenggara


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: